Wardani, Diah Mita Kusuma, 52103050008 and Dewi, Ratnaningrum Zusyana, 0726116802 and Lailin, Moch. Ichdah A.H, 0708087102 (2025) MEMBANGUN KEPERCAYAAN PASIEN MELALUI PENANGANAN KELUHAN PROGRAM HOME VISITE di RUMAH SAKIT ISLAM (RSI) SAKINAH KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Membangun Kepercayaan Pasien melalui Penanganan Keluhan Program Home Visite di Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah Kabupaten Mojokerto. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya kepercayaan pasien sebagai faktor kunci dalam keberhasilan di bidang jasa khususnya sektor kesehatan. Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah Kabupaten Mojokerto menerapkan program home visite dirancang sebagai solusi strategis untuk menangani keluhan pasien secara langsung, sehingga dapat memperbaiki citra RSI Sakinah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah membangun kepercayaan pasien melalui penanganan keluhan program home visite di Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui serangkaian teknik, seperti wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa efektivitas program home visite berhasil membangun kepercayaan pasien melalui penanganan keluhan yang sistematis, personal, dan responsif. Evaluasi dampak program ini mencerminkan penurunan jumlah keluhan secara signifikan setelah pelaksanaan program home visite, kepuasan pasien, perubahan sikap positif pasien, serta peningkatan loyalitas terhadap RSI Sakinah. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan komunikasi empatik, transparan, dan adaptif menjadi faktor utama dalam membangun hubungan harmonis antara pasien dan public relations (PR) RSI Sakinah. Hasil dari penelitian ini memberikan manfaat praktis yang dapat diaplikasikan oleh manajemen Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah di Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan kinerja dan layanan mereka dalam mengembangkan strategi komunikasi PR yang efektif untuk penanganan keluhan pasien.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kepercayaan, Penanganan Keluhan, Program Home Visite, |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences |
Depositing User: | Wardani Diah Mita Kusuma |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:42 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:42 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |