Maghfirotillah, Ana Rohilah Ila, 52105120006 and Yaqin, Ainul, 0706017402 and Alivi, Justsinta sindi, 0718039003 (2025) TELADAN AKHLAK VIRTUAL PESERTA DIDIK (STUDI FENOMENOLOGI DI MTsN 2 MOJOKERTO). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Maghfirotillah, Ana Rohilah Ila, 2025. Teladan Akhlak Virtual Peserta Didik (Studi Fenomenologi di MTsN 2 Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Dr. Ainul Yaqin, M.Pd.I Pembimbing II : Justsinta Sindi Alivi, Ph.D Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana akhlak peserta didik terbentuk melalui teladan virtual dan peran serta tindakan guru dalam menanamkan akhlak pada siswa di era digital. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya pemakaian media sosial di antara remaja yang menjadikan tokoh-tokoh virtual sebagai contoh, baik dalam tindakan maupun ucapan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Mojokerto dengan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak peserta didik dibentuk melalui tiga tahap utama, yaitu: (1) mengamati atau menyaksikan konten di media sosial; (2) memahami makna dari isi konten; dan (3) merenungkan atau mengevaluasi nilai-nilai yang didapat dari figur virtual. Proses ini menunjukkan bahwa siswa tidak sekadar menirukan perilaku, melainkan juga merenungkan pesan moral yang mereka terima secara kritis. Di sisi lain, guru Akidah Akhlak juga melaksanakan berbagai kegiatan edukatif dalam membangun akhlak siswa melalui pendekatan digital, seperti: membimbing siswa untuk mengakses konten yang mendidik, memberikan tugas kreasi konten edukatif, serta membatasi penggunaan perangkat elektronik saat pelajaran berlangsung. Penelitian ini menegaskan bahwa media sosial bisa berfungsi sebagai alat pembelajaran nilai-nilai moral yang efektif jika siswa diberi bimbingan aktif oleh guru dan orang tua. Keteladanan dari figur virtual dapat menjadi pendorong positif dalam pembentukan karakter, asalkan didukung oleh literasi digital, pengawasan, dan nilai pendidikan yang kuat dari lingkungan sekitar. Kata Kunci: Akhlak, Teladan Virtual, Media Sosial, Pendidikan Akhlak
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Teladan Virtual, Media Sosial, Pendidikan Akhlak |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Maghfiroti Ana Rohilah Ila |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5987 |
Available Versions of this Item
-
TELADAN AKHLAK VIRTUAL PESERTA DIDIK (STUDI FENOMENOLOGI DI MTsN 2 MOJOKERTO). (deposited UNSPECIFIED)
- TELADAN AKHLAK VIRTUAL PESERTA DIDIK (STUDI FENOMENOLOGI DI MTsN 2 MOJOKERTO). (deposited 15 Aug 2025 01:44) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |