ANALISIS PENERIMAAN DIRI DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DRAMA KOREA TRUE BEAUTY: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Istianah, Uut, 52106130016 and Fatoni, Akhmad,0729028801 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2025) ANALISIS PENERIMAAN DIRI DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DRAMA KOREA TRUE BEAUTY: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang psikologi tokoh dalam sebuah drama. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan beberapa aspek dalam drama Korea True Beauty, yakni (1) bagaimana penerimaan diri dalam drama korea True Beauty, dan (2) bagaimana nilai pendidikan karakter yang ditampilkan dalam drama korea True Beauty seperti kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, peduli sosial, bersahabat atau komunikatif yang disampaikan dalam drama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori psikologi sastra Abraham Maslow dan nilai pendidikan karakter Arie Ambarwati & Sudirman. Drama Korea True Beauty dipilih sebagai objek penelitian, dan data dikumpulkan menggunakan teknik multimodal seperti menentukan unit analisis, menonton dan mencatat adegan berdasarkan tiga metafungsi, dan mengkategorikan data. Pendekatan triangulasi teori digunakan untuk memastikan kemungkinan data serta penjelasan lainnya didukung oleh data yang ada. Hasil penelitian ini, menunjukkan (1) penerimaan diri dalam drama Korea True Beauty sebanyak 7 temuan yang meliputi, (a) kebutuhan untuk dihargai sebanyak 6 temuan data, (b) kebutuhan aktualisasi diri 1 temuan data. (2) nilai pendidikan karakter sebanyak 18 temuan seperti, (a) kerja keras sebanyak 4 temuan data, (b) mandiri sebanyak 4 temuan data, (c) rasa ingin tahu 1 temuan data, (d) peduli sosial sebanyak 8 temuan data, dan (e) bersahabat atau komunikatif 1 temuan data.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri, Abraham Maslow, Karakter, Drama Korea
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Istianah Uut
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:49
Last Modified: 15 Aug 2025 01:50
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item