Nazili, Amalia Rohmatin, 52106130002 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS BIOGRAFI DI MA PESANTREN AL-GHOITS. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang penerapan model pembelajaran Make a Match yang di terapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks biografi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada kelas X MA Pesantren Al-Ghoits (2) mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada kelas X MA Pesantren Al-Ghoits (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas X MA Pesantren Al-Ghoits. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X MA Pesantren Al-Ghoits. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru telah menunjukkan kesiapan yang cukup baik dalam melakukan perencanaan pembelajaran sebelum proses belajar mengajar berlangsung (2) penerapan model Make a Match berjalan dengan cukup efektif. Siswa terlihat lebih aktif, antusias, dan lebih mudah memahami materi melalui kegiatan mencocokkan kartu yang menyenangkan dan interaktif (3) terdapat beberapa kendala yaitu keterbatasan waktu, pembagian kelompok, penyesuaian materi serta kebutuhan adaptasi siswa terhadap model yang belum biasa digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Make a Match dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, khususnya jika diterapkan dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | naziliamalia11@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Make A Match, Bahasa Indonesia |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Nazili Amalia Rohmatin |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:04 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |