PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “TERAVEN OF MAJAPAHIT” UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA

Ermawan, Redita Putri, 52106150008 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Feriyanto, Feriyanto, 0725059001 (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “TERAVEN OF MAJAPAHIT” UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahhit.

[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi "TERAVEN of Majapahit" untuk mendukung literasi numerasi siswa SMA. Menggunakan model pengembangan ADDIE, tahap analisis mengidentifikasi rendahnya literasi numerasi dan kesulitan siswa melalui observasi, dan wawancara. Tahap desain mencakup perancangan konsep game petualangan berbasis budaya Majapahit, storyboard, pemilihan materi, dan penyusunan instrumen evaluasi. Pada tahap pengembangan, game dibuat dengan Construct 2 berisi lima level tantangan berlatar candi Majapahit yang memuat materi, video pembelajaran, dan soal, validasi ahli media dan materi menunjukkan kategori sangat valid dengan skor masing-masing 89,9% dan 94%. Tahap implementasi melalui uji coba kelompok besar pada siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Mojosari menghasilkan tingkat kepraktisan yang masuk kedalam kategori praktis yaitu 69,94%. dan sebanyak 24 siswa dinyatakan tuntas, dan menunjukkan tingkat keefektifan sebesar 80% yang masuk dalam kategori tinggi. Tahap evaluasi dilakukan dengan revisi produk berdasarkan masukan validator dan hasil uji coba. Hasilnya menunjukkan game memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual untuk mendukung literasi numerasi siswa SMA.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: permainan edukasi, literasi numerasi, trigonometri, budaya majapahit, ADDIE
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Ermawan Redita Putri
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:49
Last Modified: 15 Aug 2025 07:49
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item