EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMK MATERI ARITMATIKA DASAR

Pratama, Syafitri Wenda, 52106150010 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMK MATERI ARITMATIKA DASAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran diferensiasi berbasis metode drill and practice dalam mendukung kemampuan numerik siswa SMK. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan TKJ, TKR, dan OTKP di SMK Nasional Mojosari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tiga indikator efektivitas yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes kemampuan numerik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan numerik siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor observasi aktivitas guru dan siswa, serta persentase ketuntasan hasil tes kemampuan numerik siswa secara klasikal. Pembelajaran dilaksanakan dengan membagi siswa ke dalam kelompok rendah, sedang, dan tinggi berdasarkan hasil asesmen awal. Setiap kelompok mendapatkan perlakuan pembelajaran yang berbeda sesuai tingkat kemampuannya. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 93,93%, aktivitas siswa rata-rata 93,65%, dan ketuntasan hasil tes numerik siswa secara klasikal mencapai 92,86% dengan rata-rata nilai 84,40 yang termasuk kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran diferensiasi berbasis drill and practice efektif dalam meningkatkan kemampuan numerik siswa serta menciptakan pembelajaran yang adaptif dan berpusat pada kebutuhan siswa berdasarkan kemampuan awal siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran diferensiasi; drill and practice; kemampuan numerik; efektivitas pembelajaran
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Pratama Syafitri Wenda
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:35
Last Modified: 15 Aug 2025 07:35
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item