Pratama, Syafitri Wenda, 52106150010 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA SMK MATERI ARITMATIKA DASAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (204kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran diferensiasi berbasis metode drill and practice dalam mendukung kemampuan numerik siswa SMK. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan TKJ, TKR, dan OTKP di SMK Nasional Mojosari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tiga indikator efektivitas yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes kemampuan numerik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan numerik siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor observasi aktivitas guru dan siswa, serta persentase ketuntasan hasil tes kemampuan numerik siswa secara klasikal. Pembelajaran dilaksanakan dengan membagi siswa ke dalam kelompok rendah, sedang, dan tinggi berdasarkan hasil asesmen awal. Setiap kelompok mendapatkan perlakuan pembelajaran yang berbeda sesuai tingkat kemampuannya. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 93,93%, aktivitas siswa rata-rata 93,65%, dan ketuntasan hasil tes numerik siswa secara klasikal mencapai 92,86% dengan rata-rata nilai 84,40 yang termasuk kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran diferensiasi berbasis drill and practice efektif dalam meningkatkan kemampuan numerik siswa serta menciptakan pembelajaran yang adaptif dan berpusat pada kebutuhan siswa berdasarkan kemampuan awal siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran diferensiasi; drill and practice; kemampuan numerik; efektivitas pembelajaran |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Pratama Syafitri Wenda |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:35 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |