Elia Mafaza, Zulfa, 52106150012 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK BERKEARIFAN LOKAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbentuk flipbook yang mengintegrasikan unsur kearifan lokal guna mendukung kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta terbatasnya bahan ajar yang mendorong kemandirian belajar dan mengakomodasi nilai-nilai budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dari Thiagarajan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Diponegoro. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli, angket respon siswa dan guru, serta tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis data hasil uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar mengikuti tahapan model 4D secara sistematis; (2) hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori “sangat valid”; (3) kepraktisan berdasarkan respon guru dan siswa tergolong “sangat praktis”; dan (4) hasil tes berpikir kritis menunjukkan persentase ketuntasan klasikal sebesar ≥80%, sehingga bahan ajar tergolong “sangat efektif” dalam mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, bahan ajar digital flipbook berbasis kearifan lokal ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar digital, flipbook, kearifan lokal, kemampuan berpikir kritis, barisan dan deret aritmatika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Mafaza Zulfa Elia |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |