PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Shajidah, Lailatus, 52106150005 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2025) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan trigonometri, menganalisis aktivitas peserta didik selama penerapan model tersebut, dan mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan Google Classroom. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Subjek penelitian adalah 13 peserta didik kelas X di SMK Nasional Mojosari. Pembelajaran dilakukan dengan Google Classroom dan diskusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90,63%, begitu pula aktivitas peserta didik selama dua pertemuan pembelajaran mencapai rata-rata 84,62%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa 2 peserta didik masuk kategori sangat tinggi dan 11 peserta didik masuk kategori tinggi, sehingga ketuntasan klasikal mencapai 100%. Dengan demikian, model Blended Learning yang diterapkan melalui Google Classroom terbukti mendukung pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi perbandingan trigonometri.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Google Classroom; Pemahaman Konsep; Perbandingan Trigonometri.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Sajidah Lailatus
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:47
Last Modified: 15 Aug 2025 07:47
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6028

Actions (login required)

View Item View Item