ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Sya'roni, Friskha Nur Hida Rotus, 52106150004 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika ditinjau dari tingkat Self – confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek tiga siswa kelas XI MA Pesantren Al Ghoits yang dipilih melalui penyebaran angket Self – confidence untuk mengelompokkan siswa ke dalam katagori tinggi, sedang, dan rendah. Dari setiap kategori dipilih satu siswa dengan kemampuan matematika yang setara bedasarkan nilai rapot dan kemampuan komunikasi yang baik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, dan wawancara, yang dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi waktu sebagai validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan Self – confidence tinggi memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis secara konsisten, mulai dari menyajikan informasi dalam bentuk tabel dan grafik, menuliskan persamaan matematika, hingga menjelaskan proses penyelesaian dengan bahasa yang logis dan kontekstual. Siswa dengan Self – confidence sedang menunjukkan kemampuan yang cukup baik pada representasi visual dan simbolik namun kurang mendalam dalam penjelasan verbal. Sementara itu, siswa dengan Self – confidence rendah menujukan keterbatasan dalam menyampaikan ide secara utuh, menunjukkan keraguan dalam menuliskan ekspresi matematika, dan kesulitan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal secara tertulis.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi matematis, Statistika, Self – confidence
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Hidarotus Friskha Nur
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:54
Last Modified: 15 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item