STRATEGI GURU PAI DALAM MEMPERKUAT SELF-REGULATION SISWA PADA PENGAMALAN KEGIATAB KEAGAMAAN, STUDI DI KELAS VII SMP ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO

Husnah, Zulfah El 52105120030 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 and Wachidah, Hajar Nurma, 0716078803 (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMPERKUAT SELF-REGULATION SISWA PADA PENGAMALAN KEGIATAB KEAGAMAAN, STUDI DI KELAS VII SMP ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI ZULFA.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
BAB II SKRIPSI ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI ZULFA.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ZULFA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK El Husnah, Zulfah, 2025, Strategi Guru PAI Dalam Memperkuat Self-Regulation Siswa Pada Pengamalan Kegiatan Keagamaan, Studi di Kelas VII SMP Islam Brawijaya Mojokerto, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Syaikhu Rozi, M.Pd.I. Pembimbing II : Hajar Nur Wachidah, S.S., M.A Self-regulation merupakan kemampuan individu dalam mengelola pikiran, emosi, dan perilaku secara sadar untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks pendidikan Islam, kemampuan ini sangat penting dalam menanamkan kesadaran spiritual dan pembiasaan ibadah sejak dini. Namun, masih ditemukan siswa yang menjalankan kegiatan keagamaan hanya karena kewajiban atau pengawasan dari pihak sekolah, bukan dari kesadaran pribadi. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan pembentukan regulasi diri siswa secara internal. Oleh karena itu, penelitian ini menjadi penting untuk menjawab bagaimana strategi guru PAI dalam memperkuat self-regulation siswa melalui pendekatan yang terintegrasi dan kontekstual di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan self-regulation siswa dalam pengamalan kegiatan keagamaan serta menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memperkuat kemampuan tersebut di SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas VII, dengan analisis data model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulation siswa berkembang secara bertahap, dari yang awalnya hanya mengikuti kegiatan karena dorongan eksternal, hingga akhirnya memiliki motivasi intrinsik dalam menjalankan ibadah. Hal ini dibuktikan melalui keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan keagamaan seperti doa pagi, shalat berjamaah, tahlil, dan pembacaan rotibul hadad. Strategi guru PAI meliputi evaluasi spiritual melalui (Assessment Kompetensi Dasar Spiritual), pendekatan afirmatif yang bersifat personal dan empatik, integrasi nilai keagamaan dalam pembelajaran berbasis teknologi, serta kolaborasi dengan wali kelas dan BK dalam menangani siswa dengan regulasi diri. Guru juga menjadi teladan dan penyampai pesan moral dalam setiap kesempatan belajar. Selain itu, pihak sekolah berupaya menjembatani pengaruh lingkungan keluarga yang kurang mendukung dengan program parenting untuk menyamakan visi pendidikan karakter antara sekolah dan rumah. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian lanjutan dapat memperluas objek kajian ke jenjang kelas lain dan mengkaji dampak jangka panjang dari strategi pembiasaan religius terhadap pembentukan karakter siswa secara lebih menyeluruh. Secara teoritis, psikologi pendidikan terkait integrasi strategi pembelajaran dengan pembentukan regulasi diri spiritual siswa. Kata Kunci: Self-regulation, Strategi Guru PAI, Kegiatan Keagamaan, Pembiasaan

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self-regulation, Strategi Guru PAI, Kegiatan Keagamaan, Pembiasaan
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Husnah Zulfah El
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:27
Last Modified: 20 Aug 2025 02:27
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item