maqhfiroh, latifatul, 52106150006 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Feriyanto, Feriyanto, 0725059001 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DENGAN PERMAINAN ENGKLEK PADA MATERI PELUNGA UNTUK MENDUKUNG MOTIVASI BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MOJOPAHIT.
![]() |
Text
ABSTRAK IFA.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) | Request a copy |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (321kB) | Preview |
|
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
dafpus.pdf Download (275kB) | Preview |
|
![]() |
Text
lampiran skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Latifatul Maqhfiroh 2025. Penerapan Model Game Baased Learning (GBL) Dengan Permainan Engklek Pada Materi Peluang Mendukung Motivasi Belajar Siswa . Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Dr Deka Anjariyah, S.Si., M.Pd. dan (II) Feriyanto, M.Pd. Kata Kunci: Game Based Learning (GBL), Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan permainan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsal, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan permainan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsal, dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsal setelah menerapkan model Game Based Learning (GBL). Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Stuy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan dipilih kelas X-6 sebanyak 35 siswa sebagai sampel pada penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan pengisian angket. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru mendapatkan presentase 94,25% dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa juga mendapatkan presentase 86,5% dalam kategori sangat baik dan hasil motivasi siswa menunjukkan 2 siswa dengan presentase 5,8% memiliki motivasi belajar tinggi, 29 siswa dengan presentase 86,5% memiliki motivasi belajar sedang dan 4 siswa dengan presentase 11,4% memiliki motivasi belajar rendah. Berdasarkan hasil angket motivasi tersebut, jumlah siswa yang menunjukkan motivasi belajar sedang lebih banyak dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi maupun rendah sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Game Based Learning (GBL) mendukung motivasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, game based learning, permainan engklek,peluang |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Maqhfiroh Latifatul |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:25 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |