REVITALISASI PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP RAHMAN WAHID MOJOGENENG

Kharisma Lutfiatun Ni'mah, Kharisma lutfi/52105120014 and Muhammad ali rohmad, Ali rohmad/ 0725108601 and M. Syarif, M. Syarif/0712127308 (2025) REVITALISASI PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP RAHMAN WAHID MOJOGENENG. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses revitalisasi perilaku akhlakul karimah siswa melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Rahman Wahid Mojogeneng. Latar belakang penelitian ini adalah kekhawatiran terhadap degradasi moral generasi muda akibat pengaruh globalisasi, kemajuan teknologi, dan perubahan sosial yang cepat. Dalam konteks pendidikan formal, khususnya sekolah berbasis Islam, Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang mulia kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan enelitian ini dengan memfokuskan pada tiga aspek utama: (1) kondisi perilaku akhlakul karimah siswa, (2) faktor faktor yang memengaruhi perilaku tersebut, dan (3) upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam merevitalisasi nilai-nilai akhlak melalui PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, serta pra- observasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik SMP Rahman Wahid. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat sejumlah siswa yang menunjukkan perilaku kurang disiplin, secara umum perilaku siswa masih dalam kategori baik sebab pengaruh kuat lingkungan pesantren tempat sekolah ini bernaung. Lingkungan pondok pesantren yang religius dan pembiasaan nilai-nilai keagamaan melalui PAI menjadi faktor utama yang mendorong terbentuknya perilaku akhlakul karimah siswa. Selain itu, keteladanan guru, kegiatan keagamaan seperti istighotsah dan tadarus, serta komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua juga menjadi bagian integral dalam proses pembinaan karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki potensi besar dalam membentuk dan merevitalisasi perilaku akhlakul karimah siswa, terutama jika didukung oleh lingkungan yang kondusif, keteladanan guru, keterlibatan orang tua, serta keberadaan tokoh yang mampu menginspirasi dan menjadi panutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pendidikan karakter di sekolah formal, khususnya di lingkungan yang masih memiliki ikatan erat dengan nilai-nilai pesantren. Selain itu, penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lanjutan mengenai peran kepemimpinan spiritual dan budaya sekolah dalam pembentukan akhlak peserta didik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: revitalisasi moral,pendidikan agama Islam,siswa,akhlakul karimah, pendidikan karakter
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Publikasi Ilmiah > Jurnal
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Ni Kharisma Lutfiatun
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:15
Last Modified: 25 Aug 2025 01:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6261

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item