PENGARUH TAHFIDZUL QURAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MTS SALAFIYAH MOJOGENENG

Feka, Lintang Nur, 52105120015 and Muhammad ali rohmad, Ali rohmad/ 0725108601 and Syarif, Muhammad, 0712127308 (2025) PENGARUH TAHFIDZUL QURAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI MTS SALAFIYAH MOJOGENENG. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pendidikan agama dalam membentuk karakter dan perilaku sosial peserta didik, khususnya melalui program tahfidzul Quran yang kini menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan di berbagai lembaga Islam, termasuk MTs Salafiyah Mojogeneng. Program tahfidzul Quran tidak hanya bertujuan untuk menanamkan kemampuan menghafal ayat-ayat suci Al-Qur'an, tetapi juga diharapkan mampu membentuk kepribadian siswa yang religius, disiplin, bertanggung jawab, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Dalam konteks ini, interaksi sosial menjadi salah satu indikator penting untuk menilai keberhasilan pendidikan karakter melalui kegiatan tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh keterlibatan siswa dalam program tahfidzul Quran terhadap kemampuan mereka dalam berinteraksi secara sosial dengan teman sebaya, guru, dan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan adalah dengan Angket. Penelitian ini mengambil sampel dari semua siswa yang mengikuti program Tahfidz. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praktis bagi pengembangan program tahfidzul Quran, khususnya dalam aspek pembentukan karakter sosial siswa, serta menjadi masukan bagi pihak sekolah dalam merancang strategi pembelajaran dan pembinaan yang lebih efektif dan terarah. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menggambarkan hubungan antara hafalan Al-Qur'an dan perilaku sosial siswa, tetapi juga menekankan pentingnya integrasi antara pendidikan keagamaan dan pembentukan kepribadian dalam dunia pendidikan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program ini, seperti pengajian, diskusi, dan kegiatan sosial, memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih berinteraksi secara positif. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi bagaimana pengalaman dalam program tahfidz dapat mempengaruhi sikap dan perilaku siswa dalam konteks sosial yang lebih luas. Oleh karena itu, penelitian ini tidak hanya berfokus pada aspek akademik siswa, tetapi juga pada perkembangan karakter dan perilaku sosial mereka, yang merupakan komponen penting dari pendidikan holistik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan mampu beradaptasi dengan masyarakat yang beragam.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Quran, Interaksi Sosial, Karakter Siswa
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Feka Lintang Nur
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:10
Last Modified: 25 Aug 2025 01:10
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item