HUBUNGAN KEAKTIFAN SHOLAT BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MA AL-MUSTHOFA JETIS MOJOKERTO

ELIS MASRIKHA, ELIS MASRIKHA (2019) HUBUNGAN KEAKTIFAN SHOLAT BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MA AL-MUSTHOFA JETIS MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Revisi print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

ABSTRAK Masrikha, Elis, 2018. Hubungan Keaktifan Shalat Berjamaah dengan Kedisiplinan Belajar Siswa MA Al-Musthofa Jetis Mojokerto, Skripsi/ tugas akhir, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I : Dr. H. Nasiruddin Kholis, M. Pd. I Pembimbing II: M. Ali Rohmat, M.Pd.I Skripsi ini membahas tentang keakifan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa MA Al-Musthofa Jetis Mojokerto. Kajian ini dilatar belakangi oleh keaktifan shalat berjamaah di madrasah tersebut sehingga ada dugaan berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hubungan keaktifan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keaktifan shalat berjamaah siswa, 2) Mengetahui kedisiplinan belajar siswa, 3) Mengetahui hubungan keaktifan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa MA Al-Musthofa Jetis Mojokerto. Penelitian dapat dikategorikan dalam jenis desain penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic dengan rumus korelasi product moment. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis secara mendalam hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai rata-rata angket Keaktifan shalat berjamaah siswa sebesar 34,1% atau pada kategori 18%-34% termasuk dalam kriteria baik, 2) Nilai rata-rata angket kedisiplinan belajar siswa sebesar 39,4% atau pada kategori 35-50 termasuk dalam kriteria sangat baik, 3) korelasi product moment yang didapat (rxy) yang diperoleh sebesar 0,536 kemudian di konsultasikan kepada tabel interpretasi nilai r maka diketahui bahwa nilai koefisien korelasi berada pada antara nilai 0,400 - 0,700, hal ini menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi mendekati nilai 1, yang artinya keaktifan sholat berjamaah memiliki korelasi yang kuat terhadap kedisiplinan belajar siswa. Kata Kunci: Keaktifan shalat berjamaah, kedisiplinan belajar

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan shalat berjamaah, kedisiplinan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:09
Last Modified: 04 Apr 2019 04:24
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item