PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP ISLAM BRAWIJAYA PUNGGING MOJOKERTO

IIN SHOLIKHAH, IIN (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP ISLAM BRAWIJAYA PUNGGING MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
isi skripsi iin sholikhah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

ABSTRAK Iin Sholikhah.2018.Pengaruh Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Interaksi sosial Siswa di SMP Islam Brawijaya Pungging Mojokerto. Pembimbing I : H. Muhammad Nizar, S.Ag.MHI Pembimbing II : Syaikhu Rozi M.Pd.I Penelitian secara garis besar dilaksanakan untuk membuktikan apakah interaksi sosial siswa dapat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran Tutor sebaya dan bagaimana tingkat signifikansi pengaruh tersebut. Secara teknis, tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui interaksi sosial siswa SMP Islam Brawijaya Pungging. 2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Interaksi Sosial Siswa di SMP Islam Brawijaya Pungging. Penelitian ini mencakup jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan design pre-eksperimental. Metode pengumpulan data menggunakan angket.Instumen penelitian menggunakan tipe skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis prosentase dan analisis uji T-test. Uji Reliabilitas dan Validitas menggunakan korelasi product moment. Setelah dilakukan analisis mendalam hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Interaksi Sosial siswa pada di kelas eksperimen adalah cukup baik, hal itu berdasarkan penilaian hasil angket yang diperoleh nilai sebesar 56 % atau terletak pada 50%-61% yang berarti cukup baik. Sedangkan jika dibuktikan dengan mean skor dari variabel Y kelas eksperimen adalah 43,6. Yang berarti tinggi karena terletak antara 41-50. Sedangkan interaksi sosial siswa pada kelas kontrol adalah kurang baik, hal itu berdasarkan penilaian hasil angket yang diperoleh nilai sebesar 42% atau terletak pada angka 40-49 yang berada dalam kategori kurang baik. Sedangkan jika dibuktikan dengan mean skor adalah 38,6 tergolong rendah karena terletak antara 31-40. 2) Strategi tutor sebaya berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa di SMP Islam Brawijaya hal itu berdasarkan hasil analisis uji-t (uji hipotesis) diperoleh nilai t=3,517 dengan taraf signifikansi sebesar 0,002 atau p<0,005, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran tutor sebaya terhadap interaksi sosial siswa. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan adalah 1) Bagi Guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran tutor sebaya dalam mata pelajaran PAI sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa, karena berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial siswa SMP Islam Brawijaya Pungging cukup baik ketika diberikan pembelajaran tutor sebaya. 2) Siswa hendaknya terlibat secara aktif dalam pembelajaran tutor sebaya agar memiliki interaksi sosial yang bagus terhadap temannya. 3) Para peneliti selanjutnya disarankan dapat melaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh strattegi tutor sebaya dengan aspek-aspek afeksi yang lain seperti minat belajar, sikap sosial, dan lain-lain serta penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran selain mata pelajaran PAI. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya, Interaksi Sosial

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya, Interaksi Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:37
Last Modified: 04 Apr 2019 04:23
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item