HUBUNGAN POLA INTERAKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMPN 2 JATIREJO MOJOKERTO

NUR ALFI FITRIA HIDAYAH, NUR ALFI FITRIA HIDAYAH (2019) HUBUNGAN POLA INTERAKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMPN 2 JATIREJO MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Fitria, Nur, Alfi, 2018. Hubungan Pola Interaksi Pembelajaran PAI Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Di SMPN 2 Jatirejo Mojokerto, Skripsi/ tugas akhir, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I : Dr. Ratno, M.Pd.I.M.H.I Pembimbing II: Moh. Syarif, M.Pd.I Interaksi belajar mengajar yang dikonotasikan dengan interaksi edukatif, interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran. secara spesifik merupakan proses yang memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan bentuk interaksi yang lain, salah satu bentuk tujuan pembelajaran adalah kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan orang lain kemampuan ini disebut sebagai kecerdasan interpersonal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk meneliti hubungan pola interaksi pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal siswa, dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui pola interksi pembelajaran PAI, 2) Mengetahui kecerdasan interpersonal dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PAI, 3) Mengetahui hubungan pola interaksi pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal siswa di SMPN 2 Jatirejo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini dapat dikategorikan dalam jenis desain penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic dengan rumus korelasi product moment. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis secara mendalam hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai rata-rata angket pola interaksi pembelajaran PAI sebesar 42,75% atau pada kategori 41%-50% termasuk dalam kriteria baik, 2) Nilai rata-rata angket perilaku kecerdasan interpersonal siswa sebesar 41,33% atau pada kategori 41%-50% termasuk dalam kriteria baik, 3) korelasi product moment yang didapat (rxy) yang diperoleh sebesar 0,381 kemudian di konsultasikan kepada tabel interpretasi nilai r maka diketahui bahwa nilai koefisien korelasi berada pada antara nilai 0,200 – 0,400, yang artinya pola interaksi pembelajaran PAI memiliki korelasi yang lemah atau rendah terhadap kercerdasan interpersonal. Kata Kunci: pola interaksi pembelajaran, kecerdasan interpersonal

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pola interaksi pembelajaran, kecerdasan interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:30
Last Modified: 04 Apr 2019 04:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item