PROFIL BERPIKIR PROBABILISTIK SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROBABILITAS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

Rohmah, Ulfatur, 51506150030 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 and Feriyanto, Muhammad, 072509001 (2019) PROFIL BERPIKIR PROBABILISTIK SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROBABILITAS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
daftar lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir probabilistik siswa SMP dalam menyelesaikan masalah probabilitas ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-G SMPN1 Dlanggu Mojokerto. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa quitter, satu siswa camper dan satu siswa climber. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes penyelesaian masalah probabilitas dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket adversity respons profile kepada seluruh siswa kelas VIII-G kemudian dianalisis dengan memperhatikan kemampuan matematika dan komunikatif sehingga terpilih subjek penelitian, selanjutnya diberikan tes penyelesaian masalah probabilitas dan wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi waktu kemudian dianalisis. Berdasarkan analisis diperoleh data sebagai berikut : siswa quitter dalam menyelesaikan masalah probabilitas, siswa menganalisis ketentuan-ketentuan probabilitas, siswa mengidentifikasi kemungkinan munculnya suatu kejadian meskipun kurang memahaminya. Siswa juga menghubungkan kemungkinan munculnya suatu kejadian dengan ketentuan probabilitas. Strategi yang dilakukan kurang tepat sehingga masalah tersebut tidak menemukan hasil maksimal. siswa juga merepresentasikan terkait probabilitas berupa visual dengan menggunakan diagram dan menggunakan simbol-simbol probabilitas namun subjek tidak dapat menyelesaikan masalah probabilitas sehingga mendapatkan hasil akhir. Sedangkan siswa camper dalam menyelesaikan masalah probabilitas, siswa menganalisis ketentuan-ketentuan probabilitas, siswa mengidentifikasi kemungkinan munculnya suatu kejadian dan siswa memahaminya. Siswa menghubungkan kemungkinan munculnya suatu kejadian dengan ketentuan probabilitas. Strategi yang dilakukan menggunakan alternatif lain sehingga siswa cepat puas dengan hasilnya. Siswa tidak merepresentasikan terkait probabilitas berupa visual namun menggunakan alternatif lain yang digunakan untuk menyelesaikan masalah probabilitas. Siswa menggunakan simbol-simbol probababilitas untuk menyelesaikan masalah. Siswa juga mengungkapkan ide matematika sebagai solusi masalah probabilitas. Sedangkan siswa climber dalam menyelesaikan masalah probabilitas, siswa menganalisis ketentuan-ketentuan probabilitas, siswa mengidentifikasi kemungkinan munculnya suatu kejadian dan siswa memahaminya. Siswa menghubungkan kemungkinan munculnya suatu kejadian dengan ketentuan probabilitas. Strategi yang dilakukan siswa sesuai sehingga didapatkan hasil yang maksimal. Siswa merepresentasikan terkait probabilitas berupa visual baik diagram maupun tabel. Siswa juga menggunakan simbol-simbol terkait probabilitas. Serta siswa mengungkapkan ide matematika sebagai solusi masalah probabilitas sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Probabilistik, Quitter, Camper, Climber
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Ulfatur Rohmah
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:28
Last Modified: 16 Jun 2020 06:28
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item