PERENCANAAN PEMILIHAN ALTERNATIF PERKERASAN RUAS JALAN RAYA BALONGPANGGAN-DAPET KABUPATEN GRESIK

Setiawan, Ifan Dwi, 51504080017 and Rudiyanto, M. Adik, 0717027402 and Soewartono, Edhi, 0716127001 (2019) PERENCANAAN PEMILIHAN ALTERNATIF PERKERASAN RUAS JALAN RAYA BALONGPANGGAN-DAPET KABUPATEN GRESIK. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Sektor transportasi masyarakat darat dengan prasarana jalan raya merupakan bagian transportasi yang paling besar dalam menerima pengaruh adanya peningkatan taraf hidup, karena memiliki fungsi utama sebagai prasarana untuk melayani pergerakan lalu lintas. Jalan Balongpanggang - Dapet merupakan jalan penghubung atau jalan alternatif antar kota Gresik-Mojokerto. Pemilihan jalan Balongpanggang-Dapet di Kabupaten Gresik sebagai lokasi penelitian disebabkan karena banyaknya jumlah kendaraan yang melewati jalan tersebut dan dipergunakan sebagai arus lalu lintas antar kota. Sehingga tidak mengherankan pergerakan lalu lintas yang melalui jalan tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan volume kendaraan akibatnya mengalami kerusakan dan bergelombang. Rigid pavement mempunyai beberapa keuntungan diantaranya dapat dilalui untuk angkutan berat, tahan cuaca, tidak adanya deformasi dan tahan air. Kerugian perkerasan kaku antara lain adalah dalam segi biaya dan masa pelaksanaan karena diperlukan waktu sekitar 30 hari setelah pengecoran untuk mencapai kekuatan rencana, sebelum dibuka untuk lalu lintas. Dalam penelitian ini, dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) untuk analisa kerusakan pada jalan. Berdasarkan hasil analisa desain dan perhitungan biaya pemeliharaan aspal Devisi 1 + Devisi 2 sebesar Rp 333.200.000 per satu kali pemeliharaan dengan umur masa layan yang tidak bisa ditentukan. Untuk biaya perencanaan rigid pavement sebagai alternatif pilihan solusi Devisi 1 + Devisi 2 + Devisi 3 sebesar Rp 12.150.200.000 per satu kali pelaksanaan dengan umur masa layan 10 tahun. Sehingga dari kedua alternatif diatas biaya pemeliharaan aspal sebesar Rp 333.200.000 pertahun x 10 tahun = Rp 3.332.000.000. Maka dengan perencanaan rigid pavement dinas terkait bisa menghemat biaya pemeliharaan sebesar 36,47%.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Jalan raya, Alternatif kerusakan jalan Balongpanggang-Dapet, Pavement Condition Index (PCI)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: Ifan Dwi Setiawan
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:02
Last Modified: 16 Jun 2020 22:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item