HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN FIQIH SHALAT DENGAN KEKHUSYUAN SHALAT PESERTA DIDIK DI MA. MIFTAHUL ULUM. GONDANG

Amin, Tajirul,51505120035 and Ratno, Muhammad,2170101001 and Kholili, M. Syarif,0712127308 (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PELAJARAN FIQIH SHALAT DENGAN KEKHUSYUAN SHALAT PESERTA DIDIK DI MA. MIFTAHUL ULUM. GONDANG. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 cover, abstrak, pengesahan.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V kesimpulan.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
Lampiran terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tajirul Amin, 2019. Hubungan Pemahaman Materi Pelajaran Fiqih Shalat dengan Kekhusyuan Shalat Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Pembimbing 1 : Drs. M. Ratno, M.HI Pembimbing 2 : M. Syarif, M. Pd.I . Materi pelajaran fiqih, dapat memberi peserta didik pengetahuan, pemahaman, dan penghayatan yang baik terhadap nilai-nilai atau hukum-hukum Syariat Islam, sehingga mereka mengetahui dan menyadari tentang berbagai ibadah, terutama ibadah shalat dari teori yang telah mereka pahami dan dapat mendorong mereka untuk melaksanakannya. Materi fiqih merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengamalan ibadah shalat siswa, karna pada umumnya apa yang dipelajari oleh seseorang akan menjadi landasan dalam berbuat, apa yang diketahui dan diyakini menjadi landasan untuk melaksanakan kewajiban. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1). Untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman materi pelajaran fiqih shalat peserta didik, 2). Untuk mengetahui bagaimana tingkat kekhusyuan shalat peserta didik di tinjau dari ukuran fiqih, 3). Untuk mengetahui adakah hubungan pemahaman materi pelajaran fiqih shalat dengan tingkat kekhusyuan shalat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 peserta didik, dan sampelnya adalah 56 peserta didik yang diambil dengan tekhnik purposive sample. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Tekhnik angket untuk kekhusyuan shalat dilakukan dengan terlebih dahulu dilakukan uji coba pada populasi di luar sampel sebanyak 31 peserta didik dan di dapat hasil reliabilitas sebesar (ri = 0,774), dan pemahaman materi pelajaran fiqih shalat menggunakan instrumen tes yang di dapat reliabilitas sebesar (ri = 0,659). Hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara Pemahaman Materi Pelajaran Fiqih Shalat dengan Kekhusyuan Shalat Peserta Didik MA. Miftahul Ulum. Gondang. Hal ini berdasarkan perhitungan “rxy” atau “ro” lebih besar dari “r” table (0,290>0,22) maka taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak (Ha diterima). Interpertasi hasil korelasi menunjukkan bahwa nilai korelasi berada pada 0,20 – 0,39 sehingga termasuk dalam kriteria tingkat Rendah. Jadi korelasi antara Pemahaman materi pelajaran fiqih shalat dengan kekhusyuan shalat peserta didik terdapat korelasi yang Rendah.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Materi Pelajaran Fiqih Shalat, Kekhusyuan Shalat
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Tajirul Amin
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:21
Last Modified: 16 Jun 2020 01:21
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item