Firdaus, Imroatul, 51505120036 and Abidin, Chasiru Zainal, 2170101003 and Syarif, Muhammad, 0712127308 (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS 8 di SMP NEGERI 1 MOJOANYAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSRTAKttd.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I 97.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text
BAB II, 97.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III 97.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA, 97.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text
Lampiran 1.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
Abstract
Pada zaman sekarang banyak siswa yang perilakunya kurang sopan santun terhadap gurunya. Banyak peserta didik yang tidak menyadari bahwa kewajibannya di sekolah adalah belajar. Dan belajar adalah suatu amanah yang diberikan kepadanya yang harus di pertanggungjawabkan. Tetapi banyak siswa yang kurang sadar atas tanggung jawab belajarnya. Untuk menyadarkan siswa, maka perlunya siswa memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, materi meneladani kemuliaan dan kejujuran Rasul Allah yang didalamnya menerangkan tentang sifat-sifat Rasul. Jadi pemahaman Pendidikan Agama Islam itu sangat penting bagi siswa agar siswa bisa meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1). Untuk mengetahui Pemahaman Pendidikan Agama Islam siswa, 2). Untuk mengatahui Tanggung Jawab Belajar siswa, 3). Untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Tanggung jawab Belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian korelasional adalah penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Tanggung Jawab Belajar siswa dengan nilai sig 0,025 taraf signifikan 0,05, sehingga 0,025 > 0,05 yang berarti Ho ditolak (Ha diterima). Hasil dari korelasi sebesar 0,369 berada di antara 0,200 – 0,400 sehingga termasuk kriteria lemah. Jadi korelasi antara Pemahaman pendidikan dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa terdapat korelasi yang Lemah.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Tanggung Jawab Belajar |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Imroatul Firdaus |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 01:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 01:27 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1050 |
Actions (login required)
View Item |