PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER

Anggraini, Mei Ayu, 51506150016 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 (2019) PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
abstrak 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematematika berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kutorejo. subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Pemecahan Masalah (TPM) dan pedoman wawancara Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Subjek laki-laki melakukan tahapan curiosity, suggestion, dan orderliness dalam memecahkan masalah matematika. Namun pada tahap orderliness indikator hati-hati dalam mendeteksi kesalahan pada penentuan metode penyelesaian subjek laki-laki hanya sebatas meyakini satu metode penyelesaian yang dapat digunakan untuk menyelesaiakan permasalahan tersebut. Sedangkan subjek perempuan melakukan semua tahapan berpikir reflektif dengan baik dari tahapan curiosity, suggestion, dan orderliness dalam memecahkan masalah matematika. Pada tahap orderliness indikator hati-hati dalam mendeteksi kesalahan pada penentuan metode penyelesaian, subjek perempuan dapat mendeteksi kesalahan tersebut sehingga dapat menentukan metode yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif, Matematika, Perbedaan Gender
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Mei Ayu Anggraini
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:29
Last Modified: 16 Jun 2020 06:29
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item