EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK MATRIKS UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN MATRIKS KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 PUNGGING

IKHROMI FITRIA ERMAWATI, IKHROMI FITRIA ERMAWATI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK MATRIKS UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN MATRIKS KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 PUNGGING. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Fitria Ermawati, Ikhromi 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Berbantu Media Pembelajaran Kotak Matriks Untuk Melatih Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pokok Bahasan Matriks Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Pungging. Skripsi, Program Studi Pndidikan Matematika, Universitas Islam Mojopahit. Dosen Pembimbing : (1) Hari Joko Wiyono, S.Pd., M.Sc. (2) Rizky Oktaviana E.P, M.Pd. Kata kunci : Number Head Together(NHT), Pemahaman Konsep, Kotak Matriks, Matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantu media pembelajaran kotak matriks untuk melatih pemahaman konsep matematika siswa pokok bahasan matriks kelas XI di SMK Negeri 1 Pungging.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain one shoot case study.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ 3 dengan jumlah siswa 32 orang.Pada pertemuan pertama dan kedua guru dengan subjek melakukan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantu media pembelajaran kotak matriks.Sedangkan pada pertemuan ke tiga subjek diberikan tes pemahaman konsep, dan hasil pekerjaannya dianalisis.Selanjutnya pada pertemuan keempat subjek diwawancara, dan hasil wawancara dianalisis.Kemudian subjek diberikan angket dan hasil pekerjaannya dianalisis.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar obsevasi guru, lembar observasi siswa, tes pemahaman konsep, dan respon siswa. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh dari penelitian adalah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantu media pembelajaran kotak matriks pokok bahasan matriks di kelas XI TKJ 3 SMKN 1 Pungging dikatakan efektifkarena mencapai aspek yaitu(1) Pada pertemuan I, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 3,6. Sedangkan pertemuan II, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 3,8. (2) Pada pertemuan I, aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan sangat aktif dengan persentase rata-rata 93,7%. Sedangkan pertemuan II, aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan sangat aktif dengan persentase rata-rata 94,7%. Dan rata-rata keseluruhan aktivitas siswa mencapai 94,2% dengan kategori sangat aktif. (3) Pemahaman konsep matematika siswa mencapai skor rata-rata 77,2 dengan kategori baik. (4) Respons siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantu media pembelajaran kotak matriks matematika siswa pokok bahasan matriks di kelas XI TKJ 3 adalah positif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 01 Mar 2019 06:34
Last Modified: 04 Apr 2019 03:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item