MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH 3 KUTOREJO

FALAH TRI EL AZMI, FALAH, 51505120010 and AINUL YAQIN, S.Ag, M.Pd.I, YAQIN, 0706017402 and M. ALI ROHMAD, S.Pd.I, M.Pd.I, ALI, 0725108601 (2019) MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH 3 KUTOREJO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi .pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Falah.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan pada masa sekarang memang sedang mengalami tantangan yang sangat berat dan serius. Diantara tantangan yang sangat krusial ialah masalah karakter anak didik. Secara umum persoalan berat dan serius yang dihadapi bangsa saat ini sebagai akibat dari era globalisasi adalah terjadinya interaksi dan ekspansi kebudayaan yang ditandai dengan semakin berkembangnya pengaruh budaya pengangguran, menjadikan remaja yang malas dan enggan untuk berpikir maju.Kurikulum 2013 menjadi salah satu solusi menghadapi perubahan zaman yang mengutamakan kompetensi yang disinergikan dengan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui model, perkembangan peserta didik dan kendala yang dihadapi pengelola dalam menerapkan pendidikan karakter SMP Muhammadiah 3 Kutorejo. Di sini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara wawancara, observasi, studi dokumentasi dan teknik sampling karena penelitian ini mengeksplor fenomena proses pendidikan karakter dengan kurikulum 2013 pada SMP Muhammadiyah 3 Kutorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, sesuai dengan pendidikan karakter yaitu salah satu model yang di terapkan di sekolah adalah mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tau, kreativitas, kerjasama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik, kedua, Tahfidz & Tahsin Al-Quran, Baca Tulis Alquran (BTQ), Sholat dhuha dan Tilawah, kultum badha sholat dhuhur, Shobahul Lughoh dan English Morning. Kegiatan inilah yang mampu untuk mengembangkan pendidikan karakter siswa agar menjadi peserta didik yang berkompeten dalam mencari ilmu, ketiga, pelaksanaan Kurikulum 2013 dirasa memiliki banyak modal yang mana lembaga swasta kurang mampu untuk memfasilitasi hal tersebut, disisi lain para pendidik belum siap secara penuh untuk menerapkan Kurikulum 2013.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan, Pendidikan Karakter
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Falah Tri El Azmy
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:22
Last Modified: 16 Jun 2020 01:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item