Nisa', Khoirotun, 51606150013 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 (2020) KAJIAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.
Text
Abstrak .pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1 .pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD).Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan metode analisis deskriptif. Dengan subjek penelitian yaitu siswa SMP yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal dan skripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 3 tahapan yaitu: organize, synthesize dan identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Pemahaman konsep siswa Field Independent dalam memecahkan masalah pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, siswa yang memiliki gaya kognitif FI menyatakan makna dari persoalan yang diberikan dengan bahasanya sendiri. Pada indikator mengklasifikasikan objek – objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut siswa FI mengklasifikasikan apa saja yang digunakan dalam menyelesaikan persoalan. Pada indikator mengidentifikasi sifat – sifat operasi atau konsep siswa FI menjawab persoalan secara lengkap dan benar. Sedangkan pada indikator menerapkan konsep secara logis siswa FI menjawab soal dengan menggunakan perhitungan secara terurut. Setelah itu pada indikator memberikan contoh dan contoh kontra siswa FI dalam memecahkan persoalan siswa FI mengidentifikasi karakteristik khusus dari suatu materi. Pada indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika siswa FI mengubah atau memanipulasi ide – ide terkait dengan menggunakan berbagai macam representasi serta menuliskan informasi yang terdapat dalam soal langsung dalam model matematika. Sedangkan pada indikator mengaitkan berbagai konsep dalam matematika siswa FI menuliskan informasi yang tertera pada soal dan mengaplikasikan rumus dengan baik dan benar. Setelah itu pada indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep siswa FI menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan dengan teliti. Pemahaman konsep siswa Field Dependent dalam memecahkan masalah pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, siswa menuliskan informasi yang tertera pada soal namun belum lengkap. Pada indikator mengklasifikasikan objek – objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut siswa FD mengklasifikasikan suatu nilai kedalam rumus yang dicari. Pada indikator mengidentifikasi sifat – sifat operasi atau konsep siswa FD pada proses penghitungan kurang memperhatikan simbol dengan teliti. pada indikator memberikan contoh dan contoh kontra siswa FD dalam memecahkan persoalan siswa FD kurang memahami mana contoh dan mana yang bukan contoh disebabkan karena belum paham betul dengan materi.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Masalah Matematika, Gaya Kognitif |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | kajian Pem Nisa Ummi |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 02:54 |
Last Modified: | 21 Dec 2020 02:54 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1801 |
Actions (login required)
View Item |