KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

Istiqomah, Istiqomah, 51606150012 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan penerapan pendekatan open-ended yang mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dan m endeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP melalui pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi dan jurnal ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan tahap analisis denga mneggunakan tiga tahapan yaitu organize, syinthesize, identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : tahapan penerapan pendekatan open-ended yang mendukung kemampuan berpikir kre-atif siswa SMP, (1) Orientasi, menanyakan pada beberapa siswa mengenai mate-ri prasyarat dengan tujuan membangkitkan pengetahuan prasyarat siswa. Menyam-paian tujuan pembelajaran, hal ini dapat memberikan motivasi belajar pada siswa dan menjadikan siswa fokus pada tujuan yang perlu siswa capai. Un-tuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mangaitkan pengalaman bela-jar dengan motivasi siswa sehingga tujuan siswa memiliki daya fikir kreatif akan tercapai. (2) Penyajian masalah open-ended. Dengan menerapkan masalah ter-buka dalam kegiatan pembelajaran ketika siswa akan diminta untuk mengem-bangkan metode, cara atau pendekatan yang berbeda dalam menjawab perma-salahan yang diberi-kan oleh guru. Hal ini dapat dimaksudkan untuk merangsang kemam-puan intelektual siswa dan pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru serta bertujuan agar kegiatan-kegiatan kreatif siswa dapat terkomunikasikan melalui proses pembelajaran. (3) Diskusi kelompok, pada tahap ini siswa dapat saling mengungkapkan pendapat/idenya masing-masing dan mendiskusikan dengan temannya. Hal ini dapat digunakan oleh siswa tersebut untuk mempertimbangkan apakah pendapatnya atau pendapat siswa lainnya benar, dan jika semuanya benar, maka siswa akan mulai memahami bahwa ma-salah yang mereka bahas tidak harus diselesaikan hanya dengan satu solusi. Hal ini akan memacu siswa-siswa tersebut untuk mulai memikirkan kemungkinan so-lusi-solusi lainnya sehingga mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. (4) Presentasi hasil diskusi kelompok, pada tahap ini ke-lompok lain boleh mengajukan per-tanyaan atau pendapatnya apabila ada jawa-ban yang berbeda dengan kelompok yang sedang mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Dengan adanya aktivitas tanya jawab dapat menumbuhkan kemampu-an berpikir siswa.Deskripsi kemampuan berpikir kretaif siswa setelah penerapan pen-dekatan open-ended yaitu: Terdapat 4 indikator kemampun ber-pikir kre-atif yaitu indikator kemampuan berpikir lancar yaitu kesanggupan siswa dalam membangun banyak ide, indikator kemampuan berpikir luwes yaitu kesanggupan siswa dalam membangun berbagai ide dari sudut pandang yang berbeda, indikator kemampuan berpikir orisinil, yaitu kesanggupan siswa dalam mem-bangun ide-ide yang tidak umum, dan indikator kemampuan berpikir elabo-rasi yaitu kesanggupan siswa dalam memperinci detail-detail suatu objek. Ber-dasarkan analisis data indikator berpikir kreatif dengan rata-rata presentasi kemunculan tertinggi adalah indikator berpikir lancar selanjutnya indikator berpikir luwes, indikator berpikir orisinil dan yang paling rendah adalah indikator berpikir elaborasi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Praktikum, Web
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Kemampuan Istiqomah Sr
Date Deposited: 04 Dec 2020 04:30
Last Modified: 04 Dec 2020 04:30
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item