Ningrum, Zanittya, 51606150028 and Feriyanto, 0725059001 and Eko Putri, Rizky Oktaviana, 0703108801 (2020) PROFIL BERPIKIR METAFORIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
HALAMAN DEPAN ZANIT.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I ZANIT.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB II ZANIT.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III ZANIT.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV ZANIT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V ZANIT.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ZANIT.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN ZANIT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Ningrum, Zanitya. 2020. Profil Berpikir Metaforis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Feriyanto, M.Pd dan (II) Rizky Oktaviana Eko P., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Metaforis, Penyelesaian Masalah, Kemampuan Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir metaforis siswa SMK yang berkemampuan matematika tinggi, sedang atau rendah dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denagn pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar. Subjek Penelitian terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari Tes Penyelesaian Masalah Barisan dan Deret Aritmatika (TPMBDA) dan Pedoman Wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan Tes Penyelesaian Masalah Barisan dan Deret Aritmatika (TPMBDA) dan wawancara semi terstruktur. Triangulasi waktu digunakan untuk menguji keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, validasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yang berupa dekripsi dari berpikir metaforis yang meliputi connect, relate, explore, analyze, transform, experience dari masing-masing subjek penelitian. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu mengidentifikasi metafora, mampu menentukan keterkaitan masalah dan materi matematika, mampu menyusun prosedur penyelesaian dengan baik, mampu menyebutkan kesamaan antara masalah, metafora dan materi terkait, mampu menjelaskan alasan memilih metafora yang digunakan, mampu menyimpulkan hasil akhir. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi semua indikator berpikir metaforis hanya saja terkadang masing bingung menentukan metafora dengan objek lain. Subjek dengan kemampuan matematika rendah juga cenderung memenuhi seluruh indikator, akan tetapi sering melewatkan perosesi menggali metafora-nya.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Metaforis, Penyelesaian Masalah, Kemampuan Matematika |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | ZANITYA NINGRUM |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 06:37 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 06:37 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |