ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN ALFRED ADLER DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM DRAMA MENUNGGU BADAI REDA 9 NOVEMBER 1945 KARYA YUSRIL IHZA

Suwandana, Engkin, 0711038304 and Fatoni, Akhmad,0729028801 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2020) ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN ALFRED ADLER DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM DRAMA MENUNGGU BADAI REDA 9 NOVEMBER 1945 KARYA YUSRIL IHZA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampirann-dikonversi.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Rukhmawati. 2020. Analisis Psikologi Kepribadian Alfred Adler Dan Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Drama Menunggu Badai Reda 9 November 1945 Karya Yusril Ihza. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia. Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Engkin Suwandana M.Pd., dan (II) Akhmad Fatoni M.Hum. Kata kunci: Psikologi Sastra, Psikologi Kepribadian Alfred Adler, Nilai-nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan karakter dalam tokoh Kardi. Fokus penelitian ini, peneliti memfokuskan pada aspek psikologi kepribadian sesuai dengan pemikiran Alfred Adler. Pengumpulan data menggunakan teknik baca catat. Tahap-tahap dalam metode penelitian ini adalah jenis penelitian yang digunakan adalah jenis dari penelitian Deskriptif Kulitatif. Subjek penelitian, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah buku drama Menunggu Badai Reda 9 November 1945 karya Yusril Ihza. Tempat dan waktu penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian ini tidak terikat pada tempat dan pembuatan penelitian ini dibutuhkan selama sepuluh bulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yakni cara menggambarkan kegiatan dari awal sampai dengan menyusun laporan penelitian. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yakni instrumen utama dan instrumen bantu. Teknik pengumpulan data teknik yang digunakan adalah teknik baca catat. Validasi data yang dapat digunakan dari penelitian ini ialah teknik trianggulasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif merupakan data yang diperoleh dari berbagai sumber dengan teknik pengumpulan data berbagai sumber dokumen atau tulisan. Penelitian ini dilaksanakan selama sembilan bulan, yaitu bulan Nopember 2019 sampai bulan Juli 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjuangan tokoh Kardi menuju superioritastidak mudah, sebagai pejuang untuk kemerdekaan bangsanya, Kardi rela meninggalkan istrinya yang sedang hamil danSimbok yang merawatnya sejak kecil. Minat sosial dalam diri Kardi juga tinggi dalam memperjuangkan kemerdekaan dan gaya hidup sehari-hari Kardi dalam memperjuangkan kemerdekaan. Penelitian ini juga akan meneliti tentang nilai-nilai pendidikan sesuai dengan pemikiran Lickona. Lickona berpendapat bahwa pendidikan yakni membantu manusia memiliki karakter yang baik, tetapi kemudian dielaborasi menjadi sepuluh kebajikan.Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku drama Menunggu Badai Reda 9 November 1945 karya Yusril Ihza antara lain kebijaksanaan, keberanian, cinta, sikap positif, dan syukur.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Psikologi Sastra, Psikologi Kepribadian Alfred Adler, Nilai-nilai Pendidikan Karakter
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: RUKHMAWATI
Date Deposited: 07 Dec 2020 07:03
Last Modified: 07 Dec 2020 07:03
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item