KEEFEKEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT

Alfanda Ratna Dwi, Aryanti (2018) KEEFEKEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB I, II, III, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran JUCAMA untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Pungging. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respons siswa. Pada penelitian ini, data diperoleh dari pengisian lembar observasi kemampuan guru dan aktivitas siswa, lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan respons siswa pada lembar angket respons. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran JUCAMA efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,63, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan “sangat aktif” dengan nilai rata-rata 3,565, kemampuan berpikir kreatif siswa secara individu terlatih dengan menggunakan model pembelajaran JUCAMA pada materi segiempat. Hal ini diketahui dari tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dari hasil tes yang telah diberikan. Terdapat 16 siswa memilik tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif), 9 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 2 (cukup kreatif), 2 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif), dan 3 siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 0 (tidak kreatif). Secara klasikal, kemampuan berpikir kreatif siswa juga dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 80%, dan respons siswa terhadap model pembelajaran JUCAMA ini adalah “positif”. Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran JUCAMA, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:25
Last Modified: 04 Apr 2019 06:33
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item