PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KELAS X SMK NEGERI 1 MOJOANYAR

Feby, Agustin (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KELAS X SMK NEGERI 1 MOJOANYAR. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img]
Preview
Text
a. COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I FIX.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. BAB II FIX.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
d. BAB III FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
e. BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
f. BAB V FIX.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Mendukung Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Kelas X SMK Negeri 1 Mojoanyar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan lembar soal tes. Obyek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Kimia Analis I SMK Negeri 1 Mojoanyar tahun ajaran 2017/2018 dan guru yang mengajar di kelas tersebut sebagai validator kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan. Proses pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan Plomp (Plomp dan Nieveen, 2010) yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : (1) tahap penelitian awal, (2) tahap membuat prototipe dan (3) tahap penilaian. Kriteria Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini mengacu pada kriteria yang dikemukakan Nieveen (1999: 128) yaitu, kevalidan (validity), kepraktisan (practically), dan keefektifan (effectiveness). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS 1) memenuhi kriteria kevalidan dengan RTVLKS sebesar 4,63 dengan kategori sangat valid, sedangkan Lembar Kerja Siswa (LKS 2) memenuhi kriteria kevalidan dengan RTVLKS sebesar 4,875 dengan kategori sangat valid. Lembar kerja siswa (LKS) memenuhi kriteria kepraktisan setelah dilakukan uji coba terbatas selama dua kali pertemuan dengan mendapat rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran dari pengamat 1 adalah 4,55 dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran dari pengamat 2 adalah 4,32 dengan kategori sangat baik. Lembar kerja siswa (LKS) dikatakan efektif dengan mendapatkan respon positif siswa sebesar 91,66% dalam kategori sangat efektif. Lembar kerja siswa (LKS) mendapatkan % KSK>70% yaitu sebesar 80,44 %. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:41
Last Modified: 04 Apr 2019 06:30
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item