PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MODEL PEMBELAJARAN ASSURE MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS VIII DI MTS UNGGULAN HIKMATUL AMANAH

Azizah, Hemi Nur, 51706130012 and Jayanti, Rani, 0709099004 and Afkar, Taswirul, 0726018705 (2021) PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MODEL PEMBELAJARAN ASSURE MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS VIII DI MTS UNGGULAN HIKMATUL AMANAH. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Azizah, Hemi Nur. 2021. Penerapan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran ASSURE Materi Teks Biografi Kelas VIII di MTs. Unggulan Hikmatul Amanah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing: (I) Rani Jayanti, S. Pd. M. Hum., dan (II) Taswirul Afkar, S.S., M. Pd. Kata kunci : Penerapan, Aplikasi Quizizz, Model pembelajaran ASSURE, Teks Biografi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan aplikasi Google Classroom yang dikeluhkan siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi, dan juga model pembelajaran ASSURE yang digunakan guru dalam pembelajaran. Fokus penelitian ini pada penerapan aplikasi Quizizz pada model pembelajaran ASSURE dalam teks biografi dan kendalanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan kendala dalam penerapan aplikasi Quizizz pada model pembelajaran ASSURE materi teks biografi. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam tahap pertama di penelitian, yakni analisis siswa dengan rata-rata usia kelas VIII A 14 tahun yang didominasi siswa laki-laki dengan gaya belajar audio visual. Tahap kedua, menentukan strategi dan tujuan pembelajaran, meliputi siswa dapat membedakan struktur teks biografi, menyusun, mengetahui isi, dan mengasah kreatifitas siswa dalam kegiatan menyusun teks biografi. Tahap ketiga, guru menggunakan strategi student centered dengan kriteria media yang tidak memberatkan siswa dan memberikan efek antusias terhadap siswa. Tahap keempat, guru meninjau dan mengecek media, materi, serta menyiapkan lingkungan dan peserta didik. Tahap kelima, guru menerapkan strategi, media, materi yang digunakan dalam pembelajaran dengan memberikan umpan balik kepada siswa dengan sesuai kemampuan siswa. Tahap keenam, guru mengevaluasi keberhasilan pembelajaran dengan melihat skor nilai yang diperoleh siswa dan juga antusias siswa dalam pembelajaran daring. Kendala yang dialami guru, meliputi menentukan strategi pembelajaran dan menentukan media pembelajaran, serta dalam memasukkan soal ke dala aplikasi Quizizz membutuhkan waktu yang cukup lama. Kendala yang dialami siswa, yaitu masalah sinyal yang kurang kuat.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Aplikasi Quizizz, Model pembelajaran ASSURE, Teks Biografi.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Hemi Nur Azizah
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:16
Last Modified: 26 Nov 2021 03:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item