ANALISIS ASPEK MAKNA PADA MOTO ORGANISASI MAHASISWA EKSTERNAL KAMPUS DI MOJOKERTO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Firandasari, Nasiha Dwi Aulina, 51706130015 (2021) ANALISIS ASPEK MAKNA PADA MOTO ORGANISASI MAHASISWA EKSTERNAL KAMPUS DI MOJOKERTO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Moto Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus di Mojokerto dengan Perspektif Semantik yaitu Bentuk, Makna secara Konseptual dan Asosiatif, Fungsi Moto tersebut dan relevansi penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semantik. Subjek pada penelitian ini adalah anggota atau pengurus organisasi, dan guru Mts Bahrul Ulum. Objek pada penelitian ini yaitu Moto Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus di Mojokerto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik validasi pada penelitian ini adalah triangulasi teori, metode dan teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti maka hasil penelitian ini terdapat 18 data penelitian dianalisis dari empat aspek fokus penelitian yaitu sebagai berikut. 1) Bentuk Moto Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus yang masuk dalam klasifikasi gaya bahasa sederhana, repetisi, paralelisme, asidenton, kiasmus, anastrof, dan antithesis; 2) Makna secara konseptual dan asosiatif pada Moto Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus, sejalan dengan Teori Leech; 3) Fungsi Moto Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus yang masuk dalam klasifikasi fungsi bahasa dalam pendidikan (pedagogis) yaitu yaitu fungsi integratif, fungsi kultural, fungsi penalaran, dan fungsi instrumental. 4) Relevansi penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII Ganjil yaitu Materi Teks Iklan, Slogan dan Poster.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aspek Makna, Semantik, Moto, Relevansi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Nasiha Dwi Aulina Firandasari
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:02
Last Modified: 29 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item