ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA

Nisak, Fadilatin Nikmatun 51706150004 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 (2021) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PISA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana berpikir kritis siswa SMP yang memiliki kecemasan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah PISA, (2) bagaimana berpikir kritis siswa SMP yang memiliki kecemasan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah PISA, (3) bagaimana berpikir kritis siswa SMP yang memiliki kecemasan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Analisis keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini menggunakan kriteria dari Ennis yang terdiri dari Focus, Reason, Inference, Clarity and Overview. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-E SMPN 1 Mojoanyar sebanyak tiga orang yaitu satu siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah, satu siswa yang memiliki kecemasan matematika sedang, dan satu siswa yang memiliki kecamasan matematika tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa angket kecemasan matematika, tes berpikir kritis dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik non tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kecemasan matematika rendah termasuk dalam kategori berpikir kritis tingkat tinggi, siswa yang memiliki kecemasan matematika sedang termasuk dalam kategori berpikir kritis tingkat sedang, dan siswa yang memiliki kecemasan tinggi termasuk dalam kategori berpikir kritis tingkat rendah.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, PISA, Kecemasan Matematika.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Fadilatin Nikmatun Nisak
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:09
Last Modified: 26 Nov 2021 02:09
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item