ANALISIS BERPIKIR ANALOGIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Rosidah, Erlinda Dwiyanti 51706150003 and Rahayuningsih, Suesthi (2021) ANALISIS BERPIKIR ANALOGIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rosidah, Erlinda Dwiyanti. 2021. Analisis Berpikir Analogis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmetika Sosial Ditinjau dari Minat Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing :(I) Suesthi Rahayuningsih, S.Si., M.Pd. Dan (II) Rizky Oktaviana E.P, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Analogis, Aritmetika Sosial, Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir analogis siswa MTs yang memiliki minat belajar tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aritmetika Sosial, mendeskripsikan berpikir analogis siswa MTs yang memiliki minat belajar sedang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aritmetika Sosial, mendeskripsikan berpikir analogis siswa MTs yang memiliki minat belajar rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Aritmetika Sosial. Berpikir analogis adalah kegiatan berpikir dengan cara melihat kesamaan antara masalah yang dihadapi dengan masalah yang sudah diketahui. Berpikir analogis yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah berpikir analogis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial. Dalam proses berpikir analogis terdapat 4 tahapan yaitu: encoding, inferring, mapping dan applying. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX-B. yang pertama ialah memberikan angket pada 32 siswa. Kemudian angket dikategorikan menjadi 3 kelompok minat belajar yaitu tinggi sedang dan rendah. Terpilih 3 subjek, dengan 1 subjek pada tiap minat belajar. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Mojokerto. Kemudian subjek diberi tes dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pada tiap minat belajar melewati setiap tahapan berpikir analogis dengan baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Analogis, Aritmetika Sosial, Minat Belajar
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Rosidah Dwiyanti Erlinda
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:10
Last Modified: 26 Nov 2021 02:10
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item