HUBUNGAN PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MTs AN-NAHDLIYYAH MENGELO SOOKO MOJOKERTO

Maulidiyah, Eka Yanti, 51705120007 and Ainul Yaqin,, 0706017402 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2021) HUBUNGAN PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MTs AN-NAHDLIYYAH MENGELO SOOKO MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB II FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V FIX.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN ANGKET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pendidikan terdapat permasalahan sosial didalamnya, permasalahan pendidikan di keluarga, di sekolah dan di masyarakat. Salah satu permasalahan yang diakibatkan berubahnya sosial ialah dengan adanya kenakalan remaja. Hingga saat ini berlangsungnya Pendidikan Agama Islam di sekolah terdapat bermacam-macam hambatan internal ataupun eksternal. Hal ini juga mengakibatkan perilaku sosial keagamaan yang menyimpang dari norma-norma. Berdasar dari pemaparan latar belakang, maka menarik dilakukannya penelitian yang bertujuan : 1) Mengetahui Hubungan diterapkannya pendidikan agama Islam dengan tingkah laku sosial keagamaan siswa MTs An-Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto. 2) Mengetahui sejauh mana Hubungan diterapkannya pendidikan agama Islam dengan tingkah laku sosial keagamaan siswa MTs An-Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik correlations yang terdiri dari variabel bebas dan terikat, yang mana masing-masing berjumlah satu. Metode penelitian yang digunakan ialah angket, dokumentasi. Penggunaan uji hipotesis Uji Chi-Square dan Product Moment Karl Pearson ialah untuk menganalisa data. Data yang didapatkan akan dianalisis, sehingga diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Chi-Square hitung = 26,448 dan nilai Chi-Square tabel untuk df sebanyak 4 pada  = 5%. sebanyak 9,488, Dikarenakan Chi-Square hitung = 26,448 lebih besar dari Chi-Square tabel = 9,488 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya Hubungan signifikan diterapkannya Pendidikan Agama Islam dengan tingkah laku sosial keagamaan siswa MTs An-Nahdliyyah Mengelo Sooko Mojokerto”. Hasil hitung Koefisien Korelasi Product Moment didapatkan r hitung sebanyak 0,715 dan dikonsultasikan dengan tabel interprestasi berada pada interval “Kuat atau Tinggi”. Ini berarti variabel penerapan Pendidikan Agama Islam berkontribusi pada Hubungan secara signifikan dengan variabel sikap sosial keagamaan sebesar 71,5%, selebihnya 28,5% diHubungani variabel lainnya yang tidak terdapat di penelitian. Kata Kunci : Hubungan, Penerapan PAI, Perilaku Sosial Keagamaan

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Penerapan PAI, Perilaku Sosial Keagamaan
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Eka Yanti Maulidiyah
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:15
Last Modified: 24 Nov 2021 07:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item