ANALISIS IMPERATIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT COVID-19 DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rohma, Uzlivah Kholivatur/51706130022 (2021) ANALISIS IMPERATIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT COVID-19 DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rohma, Uzlivah Kholivatur. 2021. Analisis Imperatif Iklan Layanan Masyarakat Terkait Covid-19 Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Dr. Linda Eka Pradita, M.Pd., dan (II) Doni Uji Windiatmoko, M.Pd. Kata Kunci: Imperatif, Iklan Layanan Masyarakat, Relevansi Sebagai Materi Ajar Di SMP Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat imperatif yang ada pada iklan layanan masyarakat terkait Covid-19 yang dikaji dengan pendekatan pragmatik imperatif dan mendeskripsikan relevansi iklan layanan masyarakat terkait Covid-19 sebagai materi ajar di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Subjek pada penelitian ini adalah kalimat imperatif dalam iklan layanan masyarakat terkait Covid-19. Objek pada penelitian ini yaitu iklan layanan masyarakat terkait Covid-19 dan narasumber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengumpulan data dokumen, wawancara, dan dokumentasi. teknik validasi pada penelitian ini adalah triangulasi teori dan teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti maka hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bentuk kalimat imperatif pada iklan layanan masyarakat terkait Covid-19 yang ditemuka yaitu 17 data termasuk pada jenis kalimat imperatif biasa, 3 data termasuk dalam jenis kalimat imperatif permitaan, dan 14 data termasuk dalam kalimat imperatif ajakan 2) Makna kalimat imperatif pada iklan layanan masyarakat terkat Covid-19 dimaknai dengan makna eksplisit dan makna implisit. 3) Fungsi kalimat imperatif pada iklan layanan masyarakat ditinjau dari dua aspek yakni dari aspek fungsi kalimat imperatif dan ditinjau dari aspek fungsi iklan. 4) Iklan layanan masyrakat terkait Covid-19 dapat digunakan sebagai materi ajar di SMP karena sesuai dengan SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) yang berlaku.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Imperatif, Iklan Layanan Masyarakat, Relevansi Sebagai Materi Ajar Di SMP
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Uzlivah Kholivatur Rohma
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:37
Last Modified: 26 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item