ANALISIS KESALAHAN KALIMAT EFEKTIF PADA CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 1 MOJOANYAR

Sari, Fitria Karmila, 51706130011 (2021) ANALISIS KESALAHAN KALIMAT EFEKTIF PADA CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 1 MOJOANYAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sari, Fitria Karmila. 2021 Analisis Kesalahan Kalimat Efektif pada Cerita Rakyat Siswa Kelas X Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMKN1 Mojoanyar. SKRIPSI, Program Studi pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing: (I) Ranji Jayanti, S.Pd.,M.Hum., dan (II) Engkin Suwandana, M.Pd. Kata Kunci : Kalimat Efektif, Cerita Rakyat, Relevansi Pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan menulis kalimat efektif pada cerita rakyat kelas X di SMKN 1 Mojoanyar (2) mendeskripsikan relevansi kalimat efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN 1 Mojoanyar Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil metode cakap, dokumen dan simak/catat. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Milles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Seluruh kesalahan kalimat efektif yang dilakukan oleh siswa kelas X multimedia di di SMK Negeri 1 Mojoanyar berjumlah 39 kesalahan. Data tersebut meliputi penggunaan kata yang berlebihan sebanyak 15 kesalahan, pengulangan kata yang tidak perlu.Sebanyak 7 kesalahan, kesalahan kalimat ambigu sebanyak 1 kesalahan, penggunaan imbuhan yang kacau sebanyak 7 kesalahan, penggunaan kata dengan struktur dan ejaan yang tidak baku sebanyak 3 kesalahan, penggunaan kata yang tidak tepat sebanyak 4 kesalahan, penggunaan konjungsi kalau yang kurang tepat sebanyak 1 kesalahan, kesalahan kalimat tak selesai sebanyak 1 kesalahan. Kesalahan kalimat efektif merupakan hal yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penggunaan kalimat efektif untuk memperkaya kosakata pada siswa. Pembiasaan yang memperhatikan penulisan yang sesuai dengan kaidah kebahasaan akan mengurangi kesalahan kalimat efektif. Penggunaan kalimat efektif dapat ditemukan pada mata materi yang lain yaitu yang berkesinambungan dengan penguasaan kebahasaan terutama pada materi yang memanfaatkan penulisan karya siswa yang didalamnya terdapat kesalahan-kesalahan kebahasaan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kalimat Efektif, Cerita Rakyat, Relevansi Pembelajaran
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Fitria Karmila Sari
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:51
Last Modified: 26 Nov 2021 06:51
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item