IMPLEMENTASI CHATBOT MENGGUNAKAN DIALOGFLOW UNTUK CUSTOMER SERVICE HAJI BERBASIS MESSENGER

Bhasri, Muchammad Sholikhudin, 51704110030 and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Sugianto, Sugianto, 0723077301 (2021) IMPLEMENTASI CHATBOT MENGGUNAKAN DIALOGFLOW UNTUK CUSTOMER SERVICE HAJI BERBASIS MESSENGER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Banyak permasalahan yang sering dialami oleh suatu instansi tertentu seperti yang ada di Kantor Haji yaitu apabila seorang staff/karyawan yang dalam tugasnya memberikan pelayanan informasi yang berkaitan dengan kegiatan pendaftaran haji masih menggunakan cara manual kepada jamaah haji. Permasalahan ini selalu terulang dari jamaah yang satu dengan yang lain. Misalkan terjadi kondisi dimana terdapat antrian yang cukup panjang maka dampak yang terjadi adalah staff/karyawan terbebani dengan beban kerja yang semakin tinggi dan meningkatnya resiko terjadinya kesalahan pada pelayanan informasi. Ditambah lagi pelayanan informasi customer service yang tidak bisa diakses setiap waktu membuat kesulitan jamaah yang akan mengakses informasi. Kemajuan teknologi informasi dalam bidang artificial intelligence beberapa waktu ini mengalami perkembangan dengan sangat cepat dan pesat. Machine Learning – Natural Language Processing (NLP) adalah salah satunya. Merupakan salah satu ilmu yang berfokus pada bagaimana memprogram sebuah komputer untuk dapat tahu dan mengerti bahasa manusia dan dapat memberikan respon. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem chatbot yang dapat melayani user dalam memberikan informasi secara otomatis dan realtime. Chatbot ini bernama hajibot yang dibangun dengan menggunakan tools Dialogflow dari Google. Hajibot dibangun berbasis messenger dengan platform telegram dan dapat berkomunikasi dengan user. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah chatbot ini dapat menjadi cara lain yang dapat diterapkan pada instansi haji untuk memberikan respon pelayanan informasi haji yang lebih baik dan realtime bagi user. Dari total keseluruhan evaluasi alma Hajibot mendapatkan skor 81% sehingga dapat disimpulkan bahwa Hajibot bekerja dengan baik.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Chatbot, Dialogflow, Haji, Hajibot.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Muchammad Sholikhudin Bhasri
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:27
Last Modified: 29 Nov 2021 07:27
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item