SISTEM CHATBOT DI UPT PUSKESMAS GAYAMAN

, Rizki, 51704110037 and Ardiantoro, Luki, 0716106701 and , Sugianto, 0723077301 (2022) SISTEM CHATBOT DI UPT PUSKESMAS GAYAMAN. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTARKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN HASIL KUESIONER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan bidang Kesehatan sebagai 10 industri teratas dalam menerapkan kecerdasan buatan antara tahun 2018 hingga 2025. Salah satu penerapan kecerdasan buatan yaitu chatbot, dimana tren chatbot semakin meningkat karena lebih mudah dan lebih menguntungkan seiring digunakannya media sosial seperti instagram. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi dunia kesehatan seperti UPT Puskesmas Gayaman untuk meinplementasikan system chatbot ke dalam pelayanan disana selama ini calon pasien yang membutuhkan informasi harus datang ke lokasi untuk menanyakan kepada petugas di UPT Puskesmas Gayaman. Pada penelitian ini, dilakukan pembangunan chatbot untuk memudahkan pasien mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan cepat dengan menggunakan natural language processing, metode yang mampu melakukan interaksi antara komputer dan manusia dengan bahasa alami. Hasil yang diperoleh bahwa chatbot mampu memberikan respon dari pertanyaan yang diberikan terkait informasi tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas Gayaman. Pengujian dengan metode black box testing didapatkan bahwa chatbot dapat merespon sesuai yang telah direncanakan Berdasarkan hasil kepuasan pengguna system chatbot di UPT Puskesmas Gayaman Kabupaten Mojokerto, nilai sangat baik terdapat pada aspek interface mendapat presentase tertinggi, yaitu 93%. Sedangkan aspek media mendapat presentase 92%, lalu aspek umum mendapat presentase 93%.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Chatbot, Kecerdasan Buatan, UPT Puskesmas Gayaman
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Rizki
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:15
Last Modified: 08 Sep 2022 03:59
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item