Roziq, Mohammad Fathur, 51804110023 and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Sukmaningtyas, Yanuarini Nur, 0714018304 (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN MENGAJI MENGGUNAKAN METODE ADZ DZIKR BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran membaca Al Qur’an pada umat Islam belakangan ini sangat beragam dan bertumbuh pesat di masyarakat. Setiap metode dikembangkan berdasarkan karakteristiknya sendiri dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, salah satunya metode adz dzikr. Metode pembelajaran Adz Dzikr adalah sebuah tata cara untuk belajar membaca Al-Qur'an yang disusun oleh Tim Lembaga Pendidikan Ma'arif kota Mojokerto. Pada kondisi saat ini yang dialami oleh santriwan santriwati dalam proses belajar mengaji hanya pada waktu mengaji saja, dikarenakan ketika belajar di rumah mengalami kesulitan dan tidak ada guru pendampingnya. Disamping itu dampak dari pesatnya teknologi yang cukup berkembang saat ini santriwan santriwati lebih senang bermain menggunakan smartphone dari pada belajar, terutama belajar mengaji. Dalam proses belajar agar tidak mudah membosankan maka perlu adanya media yang menarik dan interaktif, salah satunya inovasi tersebut adalah media pembelajaran yang berbasis aplikasi android dengan menggunakan suara. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Aplikasi Pembelajaran Mengaji Dengan Metode Adz Dzikr Berbasis Android. Aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan santriwan santriwati dalam proses belajar mengaji, menjadikan pembelajaran tersebut lebih menarik, dan dapat menjadikan media belajar ketika di rumah. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan hasil kuesioner aplikasi ini menarik untuk dimainkan dengan persentase tertinggi mencapai 92,68%, dapat meningkatkan minat belajar mengaji dengan persentase 92,12%, mudah dimainkan 81,95%, desain menarik 80%, dan persentase untuk kepuasan keseluruhan aplikasi yang diperoleh mencapai 75,60%
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar mengaji, google speech, media interaktif, speech recognition |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer and Information Technology |
Depositing User: | Roziq Mohammad Fathur |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 07:53 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 07:53 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3735 |
Actions (login required)
View Item |