PENGEMBANGAN SOAL BERPIKIR KRITIS BERBASIS NUMERASI UNTUK SMP KELAS VII

Maulidiyah Hasanah, Eka, 51806150006 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 (2022) PENGEMBANGAN SOAL BERPIKIR KRITIS BERBASIS NUMERASI UNTUK SMP KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan proses dan hasil pengembangan soal berpikir kritis berbasis numerasi yang valid dan praktis, juga untuk mendeskripsikan efek potensial soal berpikir kritis berbasis numerasi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan 2 tahap utama yaitu preliminary dan formative evaluation. Tahap formative evaluation menurut Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMPN 1 Puri. Dimana pada tahap one-to-one terdapat 3 peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pada tahap small group terdapat 6 peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, rendah. sedangkan pada tahap field test terdapat 23 peserta didik dengan kemampuan berbeda. Untuk mengetahui kevalidan perangkat soal dilihat dari hasil analisis lembar validasi pada tahap expert review. Kepraktisan soal diketahui dari hasil analisis angket respon peserta didik pada tahap small group. Sedangkan efek potensial soal berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada tahap field test. Hasil pengembangan soal berpikir kritis berbasis numerasi ini berupa kisi-kisi dan soal berpikir kritis berbasis numerasi dengan 2 soal berbentuk uraian yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Perangkat soal dinyatakan valid dengan rata-rata kategori skor sebesar 3,58 dalam kategori valid, juga dinyatakan praktis dengan kriteria skor sebesar 82% dalam kategori praktis. Soal berpikir kritis berbasis numerasi yang dikembangkan juga memiliki efek potensial yang baik terhadap kemampuan berpikir kritis berbasis numerasi dengan rata-rata skor sebesar 80,43% dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Berpikir Kritis, Numerasi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Hasanah Eka Maulidiyah
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:18
Last Modified: 07 Sep 2022 04:18
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item View Item