TINDAK TUTUR KONSTATIF DALAM TAYANGAN MERRY RIANA SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA

Izzatulfikriyah, Anis,51806130003 and Windiatmoko, Doni Uji, 0714048902 and Fatoni, Akhmad,0729028801 (2022) TINDAK TUTUR KONSTATIF DALAM TAYANGAN MERRY RIANA SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy

Abstract

Izzatulfikriyah, Anis. 2022, Tindak Tutur Konstatif dalam Tayangan Merry Riana serta Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing (I) Doni Uji Windiatmoko, M.Pd. dan (II) Akhmad Fatoni, M.Hum. Kata Kunci: Tayangan Merry Riana, Tindak tutur konstatif, Pragmatik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bentuk dan jenis tindak tutur konstatif 2) Relevansi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian. Sumber penelitian berasal dari tayangan Merry Riana. Subjek penelitian adalah semua tuturan yang terdapat dalam tayangan Merry Riana, adapun objek penelitian yang dimaksud adalah tindak tuturan konstatif yang meliputi bentuk dan jenis tindak tutur konstatif. Data yang dihasilkan dari penelitian dikumpulkan dengan metode simak dan catat. Menyimak video dilakukan berulang-ulang dan mencatat data-data yang diperlukan relevansi pembelajaran dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya 33 data bentuk dan jenis tindak tuturan konstatif. Temuan data tindak tutur konstatif yang mencakup tindak tutur asertif, tindak tutur prediktif, tindak tutur informatif, tindak tutur konfirmatif, tindak tutur retraktif, tindak tutur asentif, tindak tutur responsif dan tindak tutur sugestif, kemudian bentuk frasa, klausa dan kalimat. Relevansi pembelajaran bahasa Indonesia terdapat pada KD 3.5 dengan materi Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah di sekolah SMA.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Anis Izzatulfikriyah
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:07
Last Modified: 09 Sep 2022 04:07
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item