ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA MENURUT LEECH PADA FILM NOTEBOOK DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ikhsantika, Novela Nanda and Windiatmoko, Doni Uji, 0714048902 and Afkar, Taswirul, 0726018705 (2022) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA MENURUT LEECH PADA FILM NOTEBOOK DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ikhsantika, Novela Nanda. 2022. Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Film Notebook dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengan Atas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing: (I) Doni Uji Windiatmoko, M. Pd., dan (II) Taswirul Afkar, S.S., M. Pd. Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, film, relevansi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada film Notebook, (2) mendeskripsikan relevansi kesantunan berbahasa dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber penelitian ini berupa film Notebook. Subjek penelitian ini adalah kesantunan berbahasa menurut Leech yang terdapat pada film Notebook. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik simak dan teknik catat. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh kemudian divalidasi dengan triangulasi sumber. Relevansi hasil penelitian dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas, pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 37 data mengandung kesantunan berbahasa Leech. Kesantunan berbahasa tersebut terbagi dalam 6 maksim yaitu, maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian. Relevansi pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas XI tepatnya pada materi pokok tentang drama yang terdiri dari KD 3.18 mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak dan konflik dalam drama yang dibaca dan ditonton, kemudian KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton atau dibaca dengan kritis, jujur, dan komunikatif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesantunan berbahasa, film, relevansi pembelajaran.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Ikhsantika Novela Nanda
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:07
Last Modified: 09 Sep 2022 08:07
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item