REPRESENTASI PLURALISME BUDAYA DALAM KONTEN YOUTUBE AHHA MUSIC PADA VIDEO KLIP LAGU “THIS IS INDONESIA”

canrawati, sri mulyani 51803050024 and Dewi, Ratnaningrum Zusyana, 0726116802 and Ningsih, Masniah, 0723118108 (2022) REPRESENTASI PLURALISME BUDAYA DALAM KONTEN YOUTUBE AHHA MUSIC PADA VIDEO KLIP LAGU “THIS IS INDONESIA”. Bachelor thesis, Universitas islam majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy

Abstract

REPRESENTASI PLURALISME BUDAYA DALAM KONTEN YOUTUBE AHHA MUSIC PADA VIDEO KLIP LAGU “THIS IS INDONESIA”. Pluralisme budaya adalah sebuah konsep yang menunjuk pada suatu pengakuan, penerimaan, dan sikap terhadap pluralitas atau keanekaragaman suatu bangsa, suku bangsa, maupun latar belakang kebudayaan yang menjadi ciri masyarakat majemuk (plural). Sedangkan representasi merupakan kemampuan untuk menggambarkan suatu objek. Representasi sendiri berperan sangat penting dalam sebuah budaya karena, budaya dibentuk melalui makna dan bahasa. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui Bagaimana makna representasi pluralisme budaya dalam konten youtube AHHA Music pada video klip “This Is Indonesi” konten AHHA MUSIC. Yang bertujuan untuk mengetahui makna simbol pluralisme budaya yang ada dalam video klip “This Is Indonesia”. Dalam merepresentasikan pluralism peneliti menggunakan unsur semiotika. Semiotika merupakan metodelogi analisis untuk mengkaji tanda yang mempunyai arti atau makna. Tanda yang dimaksud dalam semiotika adalah pesan dalam proses komunikasi. Semiotika komunikasi mengkaji tanda dalam konteks komunikasi yang lebih luas, yang di dalamnya terdapat berbagai elemen komunikasi seperti media, pesan, ataupun kode. Peneliti melakukan penelitian dengan judul “Representasi Pluralisme Budaya Dalam Konten youtube AHHA Music Video Klip Lagu “This Is Indonesi” dengan menggunakan semiotika Kualitatif Deskriptif. Penggunaan metode semiotika digunakan untuk melihat representasi pluralism budaya yang terdapat pada objek penelitian. Secara menyeluruh dapat dikatakan makna representasi pluralisme budaya dalam video klip lagu This Is Indonesia adalah sikap toleransi masyarakat dalam segi budaya dan agama tanpa membedakan suku ras dan agama. Dalam video tersebut juga terdapat makna pluralisasi budaya yang terlihat dari symbol-simbol yang menunjukkan masyarakatnya saling bertoleransi akan cara pola pikir, berprilaku, dan beragama. Kata Kunci : pluralism budaya, repreentasi, semiotika, Roland Barthes

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pluralism budaya, repreentasi, semiotika, Roland Barthes
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Candrawati Sri Mulyani
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:19
Last Modified: 13 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item