ANALISIS PERBANDINGAN DISK BRAKE STANDART DENGAN DISK BRAKE MODIFIKASI PADA MOBIL MITSUBISHI XPANDER TUGAS AKHIR

Mahendra, Ardian Fahmi/51804070005 and Zulfika, Dicki,Nizar/0704039104 and Dyah Isnaining, Atika, 0712049502 (2022) ANALISIS PERBANDINGAN DISK BRAKE STANDART DENGAN DISK BRAKE MODIFIKASI PADA MOBIL MITSUBISHI XPANDER TUGAS AKHIR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Mahendra, Ardian Fahmi 2022. Analisis perbandingan disk brake standart dengan disk brake modifikasi pada mobil Mitsubishi xpander. Skripsi/Tugas Akhir, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit (Unim). Pembimbing I : Dicki Nizar Z., S.ST.,MT. Pembimbing II : Atika Isnaining Dyah, M.Pd Sistem rem adalah sebuah komponen yang saling berhubungan, dan menghasilkan suatu gaya untuk mengatur suatu gerakan atau putaran yang terdapat pada bagian roda kendaraan. Penelitian ini menggunakan bahan disk brake standart dan disk brake modifikasi yang diuji jarak pengeremannya pada kecepatan 60 km/h dan beban muatan sebesar 10%,50%,75,100% Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui perbandingan jrak pengereman antara disk brake standart dan disk brake modifikasi pada mobil Mitsubishi Xpander. 2. Memahami penyebab disk brake standart lebih cepat panas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian jarak pengereman dengan menggunakan disk brake standart menghasilkan rata-rata jarak pengereman sejauh 23,2 m dan rata-rata suhu rem sebesar 95,4 ℃. Sedangkan pada disk brake modifikasi memiliki rata-rata jarak pengereman sejauh 21,4 m dan rata-rata suhu rem sebesar 91,8 ℃, dengan selisih rata-rata jarak pengeremannya ialah 1,8 m sedangkan selisih rata-rata suhu remnya ialah 3,6 ℃. Sehingga penggunaan disk brake modifikasi mengasilkan jarak pengereman yang lebih pendek dibandingkan disk brake standart. Kata Kunci: Disk Brake, Sistem Pengereman, Mobil

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Disk Brake, Sistem Pengereman, Mobil
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Divisions: Faculty of Engineering > Mechanical Engineering
Depositing User: Mahendra Ardian Fahmi
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:57
Last Modified: 15 Sep 2022 01:57
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item