TINDAK PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MECEGAH DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPN 2 TARIK SIDOARJO)

Rizal, Muhammad, 51805120011 and Ainul Yaqin, M.Pd.I, 0706017402 and zainalabidin, chasiru,2170101003 (2022) TINDAK PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MECEGAH DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPN 2 TARIK SIDOARJO). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABISTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi manusia semakin mudah dalam melakukan interaksi dan komunikasi baik secara langsung atau tidak langsung, media sosial adalah buah hasil dari berkembangnya teknologi ciptaan manusia yang bertujuan untuk memudahkan semua aktivitas manusia, namun dengan kemajuan teknologi dan adanya media sosial yang dihubungkan melalui jejaring internet ternyata membawa dampak negatif terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Tarik, tugas dan peran pembelajaran guru PAI dalam membina dan mencegah dampak negatif media sosial sangat diharapkan dalam membentengi para peserta didiknya, penelitian ini akan menjelaskan 1). bagaimana tindak pembelajaran guru PAI dalam mencegah dampak negatif terhadap akhlaq peserta didik di SMPN 2 Tarik. 2) Bagaimana dampak negatif media sosial terhadap akhlak peserta didik SMPN 2 Tarik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Data-data yang telah di kumpulkan dalam penelitian seperti gambar, kata-kata, ataupun sebuah pertanyan seperti wawancara, yang tentunya tidak angka ataupun hitungan. Yang mana nantinya peneliti akan mengamati, menulis atau mencatat, turut andil dalam mendisiplinkan sholat dhuha karena peneliti menggunakan triangulasi waktu atau perpanjangan keikut sertaan guna untuk melakukan penelitian yang mendalam. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1). Peserta didik dalam bermedia sosial cenderung melalaikan waktu ibadah, waktu belajar, degradasi akhlak dan moral. 2). Tindak pembelajaran guru dalam mencegah dampak negatif media sosial mempunyai beragam upaya dan strategi, mulai dari memberikan nasihat, membiasakan sholat berjamaah, membiasakan sikap disiplin pada siswa, dan selalu mengingatkan supaya menggunakan media sosial dengan bijak.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pembelajaran, Media Sosial, Dampak Negatif
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Taufani M. Rizal Arif
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:35
Last Modified: 15 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item