PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI BIDANG KARIR PADA AKUN TIKTOK VINA MULIANA

Vimala, Femmyna Candrika, 51803050009 and Ningsih, Masniah, 0723118108 and Dewi, Ratnaningrum Zusyana, 0726116802 (2022) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI BIDANG KARIR PADA AKUN TIKTOK VINA MULIANA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian ini tentang “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Edukasi di Bidang Karir pada Akun Tik Tok Vina Muliana”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media edukasi di bidang Karir melalui akun Tik Tok Vina Muliana. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah untuk pengguna yang menggunakan aplikasi Tik Tok dalam penggunaan media sosial sehingga terciptanya trend positif tentang edukasi di media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan 3 tahapan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa 10 video kemudian di analisis menggunakan Analisis Wacana Van Dijk. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap video yang diupload pada akun Tiktok Vina Muliana mengandung unsur Teks, Kognisi Sosial dan Konteks Sosial. Pada dimensi teks, yang dipelajari adalah bagaimana struktur teks dan strategi wacana dapat menegaskan suatu tema yang disampaikan. Pada dimensi kognisi sosial mempelajari cara menganalisis bagaimana memproduksi teks berita yang menyertakan kognisi individu dan pembuat berita. Sedangkan dimensi ketiga meneliti tentang bagaimana wacana yang berkembang di masyarakat dalam proses produksi peristiwa yang digambarkan. Secara keseluruhan video yang diteliti menggunakan teori analisis Wacana Van Dijk. Inti dari analisis Wacana Van Dijk adalah pengelompokan 1 dari 3 dimensi (teks, kognisi sosial, serta konteks) ke dalam satu kesatuan analis.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Van Dijk, Tiktok Vina Muliana, Media Edukasi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Vimala Femmyna Candrika
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:41
Last Modified: 16 Sep 2022 07:42
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item