PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 BALONGBENDO PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Lailatul, Sholichah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 BALONGBENDO PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. Bachelor thesis, Unversitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKa.pdf

Download (74kB)
Official URL: http://repository.unim.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IDEAL Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Balongbendo Tahun ajaran 2017/2018 pada materi persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari 8 kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 36 siswa yaitu pada kelas VII-B dengan menggunakan model pembelajaran IDEAL problem solving. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 36 siswa yaitu pada kelas VII-C dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (pembelajaran langsung). Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh t_hitung > t_tabel, 13,685 > 1,67 dengan derajat kebebasan (dk) = 70 dan taraf signifikan (α) = 0,05, yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran IDEAL problem solving lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran IDEAL problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 2 Balongbendo pada materi persegi dan persegi panjang.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Perpus Unim
Date Deposited: 10 Oct 2018 12:38
Last Modified: 04 Apr 2019 05:17
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item