PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK DI SMK PGRI SOOKO MOJOKERTO

Alfiansyah, Mukhamad, 51905120015 and SYAIKHU ROZI, M.Pd.I, ROZI, 0716018307 and Syarif, Muhammad, 0712127308 (2023) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK DI SMK PGRI SOOKO MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dalam perkembangan ilmu pengetahuan saat ini tidak dapat dipungkiri ilmu dapat di dapat diamana saja termasuk dalam internet tersebut. Wujud pemanfaatan internet oleh peserta didik dan guru berfungsi sebagai alat dan sumber belajar untuk mendapatkan materi yang aktual selain bersumber dari buku. Dengan menggunakan internet peserta didik dan guru mendapatkan ilmu pengetahuan, wawasan, ilmu pengetahuan serta informasi yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Pemanfaatn internet sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK PGRI Sooko Mojokerto. 2) Mendeskripsikan Dampak Pemanfaatn internet sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK PGRI Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik kelas X, teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan internet yang dilakukan oleh guru pai di SMK PGRI Sooko dalam prosesnya dilakukan sebagai media tambahan atau pelengkap ketika di rasa ada materi yang kurang lengkap di buku atau ada materi dan tema yang mengharuskan menggunakan internet sebagai sarana atau media tambahan. 2) Dampak yang di temui pada pemanfaatan internet sebagai sumber belajar adalah peserta didik jadi malas membaca buku, lebih malas untuk mencari di buku karena terdapat kemudahan akses di internet, peserta didik nanti dapat menyalahgunakan internet di luar konteks pembelajaran seperti bermain game membuka aplikasi lain yang tidak ada hubunganya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Dampak positifnya untuk guru menjadi lebih praktis untuk mencari bahan ajar, memberikan materi lewat web internet dan untuk siswa dampak positifnya jadi memudahkan mereka untuk mencari materi dan mencari jawaban di internet menambah wawasan dan pengetahuan baru, dikarenakan akses internet dan fasilitas berupa wifi memadai diharapkan pemanfaatn internet ini dapat digunakan secara maksimal dan dalam penggunaa tersebut guru harus memerhatikan atau mendampingi supaya tidak akan terjadi penyalahgunaan terhadap penggunaan internet yang berlebihan. Kata Kunci: Internet, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam Abstract In the current development of science, it is undeniable that knowledge can be obtained anywhere, including on the internet. The use of the internet by students and teachers functions as a learning tool and source to get actual material other than from books. Describe the Impact of Using the Internet as a Learning Resource for Islamic Religious Education at SMK PGRI Sooko Mojokerto. The negative impact found on the use of the internet as a learning resource is that students become lazy to read books, are more lazy to search in books because there is easy access on the internet, students can later abuse the internet outside the context of learning such as playing games opening other applications that don't exist its relationship with the learning of Islamic religious education. The positive impact is for teachers to make it more practical to find teaching materials, provide material via the internet web and for students the positive impact is to make it easier for them to find material and find answers on the internet to add new insights and knowledge, because internet access and facilities in the form of adequate wifi are expected to use the internet This can be used optimally and in using it the teacher must pay attention or accompany so that there will be no abuse of excessive internet use. Keywords: Internet, Learning Resources, Islamic Religious Education

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Alfiansyah Mukhamad
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:49
Last Modified: 18 Aug 2023 03:49
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item