KEJUJURAN AKADEMIK SISWA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN COMPUTER BASED TEST DI SMP TERPADU DARUL DAKWAH

Naufal, 51905120040 and Ainul Yaqin, M.Pd.I, 0706017402 and SYAIKHU ROZI, M.Pd.I, ROZI, 0716018307 (2023) KEJUJURAN AKADEMIK SISWA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN COMPUTER BASED TEST DI SMP TERPADU DARUL DAKWAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf

Download (570kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di zaman modern seperti sekarang ini, dunia pendidikan telah berkembang secara signifikan. Sehingga dalam kegiatan evaluasi pembelajaran saat ini sudah banyak yang menggunakan komputer atau biasa disebut CBT. Namun, banyak guru, orang tua, dan juga masyarakat yang masih meragukan kejujuran siswa dalam evaluasi pembelajaran CBT. Kecurangan akademik menjadi salah satu alasan yang membuat hasil yang diperoleh siswa dari hasil evaluasi belajar CBT diragukan. Masyarakat meyakini bahwa dengan kemajuan teknologi, bentuk-bentuk kecurangan akan semakin bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk ketidakjujuran akademik mahasiswa dalam evaluasi pembelajaran CBT, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta setrategi dalam mengurangi ketidakjujuran siswa dalam evaluasi pembelajaran CBT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk ketidakjujuran akademik mahasiswa antara lain mencari jawaban di internet dengan menggunakan komputer yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran CBT dan bekerjasama dengan teman sebaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakjujuran akademik mahasiswa meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pemahaman tentang kecurangan akademik, kurang percaya diri, malas belajar, kemampuan akademik yang rendah, dan malu mendapat nilai rendah. Faktor eksternal meliputi tekanan teman sebaya, sikap dosen pembimbing yang kurang tegas, mudahnya akses internet, dan hukuman yang tidak tegas.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kejujuran Akademik, Evaluasi Pembelajaran, Computer Based Test (CBT)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Lutdin Muhamad Naufal Aljamal
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:46
Last Modified: 30 Aug 2023 06:46
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item