Putri, Aulia Safira and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI KONTEN DATA DAN KETIDAKPASTIAN MENGGUNAKAN THREE TIER TEST. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebab miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum numerasi konten data dan ketidakpastian menggunakan Three Tier Test. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 1 Gedeg. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Three Tier Test dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa yang teridentifikasi mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi konten data dan ketidakpastian sebesar 55,36% dari 30 siswa yang tergolong dalam kategori sedang. Miskonsepsi mayoritas terjadi pada semua sub domain dengan persentase data dan representasinya sebesar 57,8% yang terdiri dari 3 butir soal yakni soal nomor 2, nomor 3, dan nomor 5. Sedangkan persentase ketidakpastian sebesar 51,7% yang terdiri dari 2 butir soal yakni soal nomor 1 dan nomor 4. Miskonsepsi terjadi pada soal nomor 1 sampai 5 dengan letak miskonsepsi berturut-turut yaitu konsep peluang, rumus mean, konsep penyajian data, rumus peluang, dan konsep mean. Penyebab miskonsepsi tersebut terjadi yaitu karena siswa itu sendiri, konteks dan cara mengajar. Kata Kunci : Miskonsepsi, Asesmen Kompetensi Minimum, Numerasi, Data dan Ketidakpastian, Three Tier Test
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, praktikum, web |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Putri Aulia Safira |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:22 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:25 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4928 |
Actions (login required)
View Item |